Rabu 18 Januari 2023, 23:30 WIB

Coach Justin: Ketua Umum PSSI Harus Punya Kemampuan Manajerial

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Coach Justin: Ketua Umum PSSI Harus Punya Kemampuan Manajerial

MGN/ Gregorius Gelino
Justinus Lhaksana

 

PENGAMAT sepak bola nasional Justinus Lhaksana menilai calon ketua umum PSSI terpilih harus memiliki pengalaman, rekam jejak dan kemampuan manajerial dalam mengelola organisasi. Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang akan digelar pada 16 Februari mendatang harus dijadikan momentum perbaikan sepak bola nasional.

Justin menilai, kemampuan manajerial yang baik, akan berimbas pada geraknya organisasi sepak bola mulai dari kompetisi hingga pembinaan usia dini.

"Ketua umum harus membangun pondasi segalanya sehingga kalau turun ada warisan yang ditinggalkan. Pondasi selama ini tidak ada, setiap ketua peraturannya berbeda. Saya tidak tahu kenapa, tapi yang saya lihat tidak ada pondasi. Yang terpenting itu pembinaan, karena itu dasar untuk berprestasi. Liga yang bagus juga tidak jatuh dari langit," kata Coach Justin sapaan karibnya, Rabu (18/1).

Pembinaan usia muda, kata dia, harus jadi prioritas yang dilakukan ketua umum PSSI yang baru. Jika sistem pembinaan sudah berjalan baik, para pemimpin selanjutnya hanya akan meneruskan jalannya pembinaan.

"Anak-anak dari 6 tahun harus berkompetisi hingga nantinya 15 tahun kemudian kita petik hasilnya," ujarnya.

Selain ketua umum, Justin juga menilai para anggota komite eksekutif (Exco) harus memiliki ide-ide segar dalam membangun sepak bola nasional. Ia berharap "muka-muka lama" yang ada di PSSI memberikan kesempatan ke anak-anak muda menjalankan organisasi PSSI.

"Saya setuju bahwa kita butuh angin segar dan ide-ide baru. Saya tidak ingin menjelekkan pengurus lama karena mereka orang hebat. Tapi, kalau perlu jangan ada mantan pengurus yang masuk lagi. Bukan karena jelek tapi kasih lah kesempatan untuk generasi muda," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

AFP/Vincenzo PINTO

Paulo Dybala Ungkap Kebohongan Juventus

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Januari 2023, 22:39 WIB
SETELAH mantan klubnya, Juventus, mengalami masalah yang berujung pada pengurangan 15 poin, Paulo Dybala turut berkomentar dengan apa yang...
Dok Liga 1

Arema FC Takluk di Kandang PSS Sleman

👤Ant 🕔Kamis 26 Januari 2023, 22:36 WIB
Tambahan tiga poin membawa PSS naik ke posisi ke-13 dengan koleksi 22...
ANTARA

Ikuti Trial Di Klub Divisi Tiga Belgia, Marselino Buka Jalan Ke Kompetisi Eropa

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Januari 2023, 22:33 WIB
TANDA tanya mengenai klub destinasi Marselino Ferdinan di Belgia mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya