Senin 16 Januari 2023, 05:09 WIB

Gavi Pimpin Barcelona Kalahkan Madrid di Final Piala Super Spanyol

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Gavi Pimpin Barcelona Kalahkan Madrid di Final Piala Super Spanyol

AFP/Fayez NURELDINE
Gelandang Barcelona Gavi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Madrid di laga final Piala Super Spanyol.

 

BARCELONA memastikan diri menjadi juara Piala Super Spanyol dengan mengalahkan Real Madrid 3-1 di Arab Saudi, Senin (16/1) dini hari WIB. Itu merupakan gelar pertama El Barca sejak ditukangi Xavi Hernandez.

Dipimpin oleh Gavi, yang tampil gemilang, dengan mencetak satu gol dan memberikan assist untuk gol yang dicetak oleh Robert Lewandowski dan Pedri Gonzalez, Barcelona membukukan salah satu penampilan terbaik mereka kala berhadapan dengan Real Madrid.

Setelah meraih sukses sebagai pemain di Barcelona, Xavi kembali ke Camp Nou pada November 2021 dan setelah belanja besar-besaran pada musim ini, tampaknya dia sukses membawa Blaugrana ke jalur yang benar.

Baca juga: Ancelotti Ungkap Kondisi Benzema Jelang Final Lawan Barcelona

Karim Benzema mencetak gol hiburan untuk Real Madrid, yang performanya menurun selepas jeda Piala Dunia 2022 dan kini tertinggal tiga poin dari Barcelona, yang memuncaki klasemen La Liga.

Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti menderita kekalahan pertama di laga final sejak 2014 dengan Los Blacos menyerahkan trofi yang mereka menangi pada musim lalu kepada Barcelona, yang kini telah memenangkan Piala Super Spanyol sebanyak 14 kali.

"Kami tahu harus benar-benar memanfaatkan kesempatan ini. Kami tengah berada di era perubahan di klub dan gelar ini akan memperkuat semangat kami untuk meraih lebih banyak gelar," ujar kapten Barcelona Sergio Busquets.

"Kami tahu kemampuan Gavi. Dia masih sangat muda dan mayoritas pemain seusianya masih bermain di tim yunior. Dia tampil luar biasa, memberikan assist dan mencetak gol."

"Dia memiliki mas adepan yang cerah dan masih akan berkembang. Saya harap dia bisa menandai era baru di Barcelona," lanjutnya.

Xavi memainkan empat gelandang di laga final Piala Super Spanyol dengan Gavi bergerak ke dalam dari posisi di sebelah kiri, merepotkan bek kanan Dani Carvajal sepanjang laga.

Toni Kroos, yang bermain sebagai gelandang tengah mengisi posisi Aurelien Tchouameni yang dibekap cedera, kewalahan menghadapi para pemain Barcelona.

Barcelona membuka keunggulan mereka pada menirt 33 ketika tekanan Busquets membuat Antonio Rudiger salah mengumpan dan Lewandowski memberi assist kepada Gavi yang sukses menjebol gawang Real Madrid.

Gavi kemudian gantian memberikan assist kepada Lewandowsi. Gelandang itu menerima operan Frenkie De Jong sebelum kemudian memberi umpan kepada Lewandowski.

Gavi, yang memenangkan penghargaan Golden Boy 2022, tampil gemilang sepanjang laga dan membuktikan Barcelona memiliki pemain andalan pada saat ini dan masa yang akan datang.

Barcelona kemudian mencetak gol ketiga mereka pada menit 69 ketika Lewandowski memberi umpan terobosan kepada Gavi yang kemudian melepaskan umpan silang yang sukses diselesaikan oleh Pedri.

Benzema kemudian mencetak gol hiburan untuk Real Madrid di menit ketiga masa injury time.

Laga berakhir dengan kemenangan 3-1 Barcelona atas Real Madrid. Barcelona pun berhak menjadi juara Piala Super Spanyol. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/BEN STANSALL

Graham Potter Butuh Waktu Padukan Skuad Mahal Chelsea

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 10:40 WIB
Manajer Chelsea Graham Potter meminta waktu untuk menyatukan bintang barunya setelah The Blues ditahan imbang 0-0 di kandang oleh Fulham,...
MI/Seno

Cinta Mati Kane kepada Spurs

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 07:10 WIB
PENALTI bagi kesebelasan Inggris seperti sebuah kutukan. Perjalanan St George Cross ke puncak tertinggi selalu tersandung oleh...
AFP

Ten Hag Enggan Berkomentar Soal Masa Depan Greenwood

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:57 WIB
PELATIH Manchester United, Erik ten Hag enggan memberikan komentar terhadap masa depan Mason...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya