Sabtu 14 Januari 2023, 18:55 WIB

Miliki Segudang Pengalaman Di Sepak Bola, Erick Thohir Kandidat Kuat Pimpin PSSI

Widhoroso | Sepak Bola
Miliki Segudang Pengalaman Di Sepak Bola, Erick Thohir Kandidat Kuat Pimpin PSSI

ANTARA
Ilustrasi

 

MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi kandidat terkuat dalam bursa Ketua PSSI menjelang Kongres Luar Biasa (KLB) Februari 2023. Dukungan kepada neks Presiden Inter Milan ini terus berdatangan dari para elite dunia sepak bola Indonesia maupun masyarakat.

Hasil lembaga survei Indikator mayoritas masyarakat Indonesia menginginkan agar pemimpin berpengalaman dalam dunia sepak bola tersebut menjadi 'kapten' PSSI selanjutnya. Terekam dalam survei Indikator pada November 2022, 24,1 persen masyarakat mendukung Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023–2027.

Dukungan masyarakat kepada Erick Thohir ini jauh mengalahkan La Nyalla Mataliti yang sudah mendaftar sebagai calon Ketua PSSI. Mantan Ketua Umum PSSI ini hanya menerima dukungan sebesar 2,1 persen.

La Nyalla merupakan Ketua PSSI periode 2015-2016 yang menjadi masa kelam dunia sepak bola Indonesia lantaran terjadi dualisme PSSI dan KPSI (Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia) sebagai induk sepak bola Indonesia. Saat itu liga sepakbola Indonesia pun menjadi dua yakni IPL (Indonesia Premier League) dan ISL (Indonesia Super League). Di masa PSS dipimpin La Nyalla,  FIFA menjatuhkan sanksi terhadap sepak bola Indonesia.

Hal ini yang membuat, masyarakat lebih menginginkan Erick Thohir menjadi Ketua PSSI selanjutnya. Selain itu Erick Thohir juga aktor utama dalam upaya penyelamatan sepak bola Indonesia dari berbagai sanksi FIFA.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Bangka Belitung, Mintradjaya. Ia menyatakan mendukung Erick Thohir menjadi ketua umum PSSI. Kapasitas Erick di dunia olahraga dinilai cocok untuk menakhodai PSSI.

"Kapasitas Erick Thohir yang pernah memiliki klub Inter Milan dan mengerti sepak bola menjadi salah satu alasan dia layak memimpin PSSI. Dia juga memiliki hubungan yang erat dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dan sponsor-sponsor, yang bisa membantu perkembangan sepak bola nasional," terang Mintradjaya.

Di samping itu, Lembaga independen Founder Football Institute menilai bursa calon ketua umum PSSI sudah mengerucut kepada sosok Erick Thohir. "Meskipun nantinya akan ada calon lain, sepertinya hanya akan menjadi penggembira," terang Budi Setiawana dari Founder Football Institute.

Erick Thohir memiliki banyak pengalaman di dalam dunia sepak bola. Baik dalam negeri maupun luar negeri. Ia merupakan mantan pemilik klub sepak bola kelas dunia yakni Inter Milan dan DC United. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

AFP/Glyn Kirk

Enzo Fernandez Tidak Pantas Dihargai 100 Juta Pound

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 00:25 WIB
KEPUTUSAN Chelsea mendatangkan Enzo Fernandez dari Benfica dengan harga selangit mendapat kritik. Bintang Argentina tersebut dinilai belum...
AFP/DARREN STAPLES

Wolverhampton Gunduli Liverpool 3-0

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:59 WIB
PIL pahit harus ditelan Liverpool pada penampilan ke-20 Liga Primer Inggris musim...
ANTARA

Izin Kerja Belum Keluar, Debut Marselino Di KMSK Deinze Tertunda

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:55 WIB
MARSELINO Ferdinan harus bersabar untuk menjalani debut bersama KMSK Deinze di Challenger Pro League...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya