Kamis 05 Januari 2023, 18:12 WIB

3.624 Personel Gabungan Amankan Laga Indonesia vs Vietnam

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
3.624 Personel Gabungan Amankan Laga Indonesia vs Vietnam

Ilustrasi
GBK

 

SEBANYAK 3.624 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan pertandingan semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Jumat (6/1).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan merinci personel gabungan tersebut terdiri dari 3.281 anggota Polri, 212 personel TNI, dan 131 personel dari pemerintah daerah. Ia mengatakan ribuan aparat gabungan itu akan berjaga di luar stadion. Sementara di bagian dalam stadion akan dijaga oleh 500 steward.

Baca juga: Messi dan Mbappe Dinilai Berikan Inspirasi bagi Dunia tentang Perjuangan

"Mendasari aturan FIFA maka utk pengamanan di dalam stadion (seputar lapangan) akan ada steward," kata Zulpan, ketika dihubungi, Kamis (5/1).

Zulpan mengatakan dari ribuan personel, 200 anggota Polri berpakaian preman juga diterjunkan di tribun penonton. Ia mengatakan nantinya Polri berpakaian preman akan mengamankan penonton yang membuat keributan.

"Seperti kemarin kita lihat, kita kan juga punya layar monitor, CCTV yang dari pengelola GBK. Setiap sektor itu kan termonitor CCTV. Kita lihat kalau ada penonton yang mabuk, kemudian yang berantem, anggota yang tidak berseragam yang preman itu yang nanti mengamankan agar tidak terjadi keributan," katanya.

Zulpan mengatakan kepolisian mengimbau para penonton di samping mendukung Timnas Indonesia, untuk ikut menjaga nama baik bangsa Indonesia dengan tetap menjaga kondusivitas sebelum, saat, dan sesudah pertandingan. Ia meminta penonton untuk menyadari bahwa dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. 

"Apalagi nanti indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola U-20 tentu kita sudah harus mulai bersikap profesional dalam mengelola sepak bola khususnya sebagai penyelenggara atau tuan rumah," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

MI/BRIYANBODO HENDRO

Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas U-20 Kerja Keras di Pemusatan Latihan

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:50 WIB
Shin sudah mempelajari data pemain selama pemusatan latihan berlangsung di Jakarta. Ia menyampaikan masih ada pemain yang belum mengerahkan...
AFP/	ALBERTO PIZZOLI

Ditahan Verona, Lazio Gagal Masuk 3 Besar

👤Dhika Kusuma WInata 🕔Selasa 07 Februari 2023, 10:01 WIB
Lazio ditahan imbang Verona sehingga tetap bertahan di peringkat 4 dengan 39...
AFP/Odd ANDERSEN

Queiroz Tukangi Timnas Qatar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:30 WIB
Queiroz menggantikan pelatih Spanyol Felix Sanchez, yang kontraknya tidak diperpanjang setelah Qatar kalah di semua laga penyisihan grup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya