Selasa 03 Januari 2023, 06:09 WIB

Ronaldo Tiba di Arab Saudi

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Ronaldo Tiba di Arab Saudi

AFP/Al Nassr Football Club
Cristiano Ronaldo berpose dengan sejumlah anak yang mengenakan jersey Al Nassr saat tiba di bandara di Riyadh, Arab Saudi.

 

BINTANG timnas Portugal Cristiano Ronaldo tiba di Riyadh, Arab Saudi menjelang diperkenalkan kepada ribuan pendukung klub Arab Saudi Al Nassr, Selasa (3/1), setelah meneken kontrak senilai lebih dari 200 juta euro.

Penyerang berusia 37 tahun itu mendarat di ibu kota Arab Saudi, Senin (2/1) dan tinggal di sebuah hotel mewah di kota tersebut, menurut laporan stasiun televisi Al Ekhbariya.

"Dia membawa tim besar yang terdiri dari asisten dan pengawal pribadi," ujar seorang pejabat pemerintah Arab Saudi kepada AFP.

Baca juga: Perkenalan Ronaldo kepada Pendukung Al Nassr Besok

Ronaldo, yang meninggalkan Manchester United usai mengecam klub Liga Primer Inggris itu dalam sebuah wawancara televisi, akan diperkenalkan di stadion kandang Al Nassr, Mrsool Park pada Selasa (2/1) pukul 19.00 atau pukul 23.00 WIB.

Ronaldo meneken kontrak di Al Nassr hingga Juni 2025. Dia menjadi kiprah teranyar Arab Saudi ke dunia olahraga setelah menggelar laga Formula 1, tinju, dan golf serta membeli klub Liga Primer Inggris Newcastle United.

Kritik menyebut aksi Arab Saudi itu sebagai sportwashing, upaya mengalihkan perhatian dari catatan HAM mereka yang buruk.

Ronaldo merupakan nama terbesar dari dunia olahraga yang bermain di Arab Saudi meski sejumlah nama besar seperti George Weah, Pep Guardiola, dan Xavi sempat bermain di negara petrodolar itu di akhir karier mereka.

Al Nassr, yang merupakan juara sembilan kali Liga Arab Saudi, menyebut kedatangan Ronaldo bukan sekadar tonggak sejarah namun juga akan menjadi inspirasi bagi Liga Arab Saudi.

Ronaldo diputus kontrak oleh Manchester United usai mengaku merasa dikhianati oleh klub Liga Primer Inggris itu dan tidak menghormati pelaith Erik ten Hag dalam sebuah wawancara.

Ronaldo telah memenangkan lima gelar Liga Champions, gelar Serie A bersama Juventus, gelar La Liga bersama Real Madrid, dan gelar Liga Primer Inggris bersama Manchester United.

Dia juga merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champions dan di timnas Portugal.

Di Piala Dunia 2022, Ronaldo menjadi orang pertama yang berhasil mencetak gol di lima perhelatan Piala Dunia. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Meski Sudah Berusia 55 Tahun, King Kazu Belum Mau Gantung Sepatu

👤Widhoroso 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:59 WIB
UMUR hanya merupakan angka-angka yang tidak bermakna bagi Kazuyoshi...
DOK MI

Arab Saudi Tuan Rumah Piala Asia 2027

👤Widhoroso 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:45 WIB
ARAB Saudi menjadi sebagai tuan rumah kejuaraan sepak bola antarnegara Asia, Piala Asia 2027. Demikian diumumkan Konfederasi Sepak Bola...
AFP

Marselino Ferdinan Berpeluang Bermain Di Spanyol

👤Widhoroso 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:30 WIB
MESKI sudah mengikat kontrak dengan klub Belgia, KMSK Deinze selama 1,5 musim, bintang muda Indonesia Marselino Ferdinan berpeluang bermain...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya