Rabu 07 Desember 2022, 11:51 WIB

Lakukan Pemukulan, Diego Michiels Terancam Kena Sanksi

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Lakukan Pemukulan, Diego Michiels Terancam Kena Sanksi

Foto/courtesy Youtube
Kapten Borneo FC Diego Michiels meludahi bagian belakang penyerang Persija, Michael Krmencik. Krmencik balas meludah dan dipukul.

 

KAPTEN Borneo FC Diego Michiels terancam sanksi usai melakukan aksi tidak pantas karena meludahi dan memukul penyerang Persija Jakarta, Michael Krmencik, pada laga pekan ke-12 Liga 1 2022-2023 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (6/12) malam WIB.

"Kami sudah pantau (insiden Diego dan Krmencik) tentu akan segera disidang. Tinggal menunggu laporan dari LIB, termasuk laporan dari match commissioner dan wasit," kata Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin Tobing saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (7/12).

Insiden antara Diego dan Krmencik terjadi pada menit ke-78. Dalam video yang beredar di media sosial, Diego terlihat meludahi bagian belakang Krmencik. Striker Persija itu lalu membalasnya dengan perlakuan serupa ke Diego.

Diego yang tidak terima lantas menampar wajah Krmencik dari belakang. Pemajn asal Ceko itu pun lantas terjatuh. Insiden itu lantas jadi perhatian wasit Suprihatin. Dia lebih dulu berkonsultasi dengan asisten wasit tambahan yang berada di dekat gawang.

Suprihatin memberikan kartu kuning kepada Krmencik karena meludahi Diego. Sedangkan Diego diganjar kartu merah karena meludah dan menampar mantan pemain Slavia Prague itu.

Baca juga: Dicari: 1.500 Sukarelawan untuk Piala Dunia U-20

Diego tidak terima wasit memberinya kartu merah dan terlihat emosi. Dia langsung mengejar Krmencik dan memukul kepala belakang penyerang berusia 29 itu.

Diego Michiels menyampaikan klarifikasi lewat unggahan Insta Story di akun instagramnya beberapa jam setelah laga yang dimenangkan Persija 1-0. Diego membantah dirinya lebih dulu meludahi Michael Krmencik. Menurutnya, Krmencik-lah yang memulai, tetapi tak tertangkap kamera.

"Klarifikasi FC. Kejadian ini sudah mulai sebelum di rekaman ini, mulai dia jalan dari jauh ke arah saya. Pas dia sudah dekat, dia ludahin duluan ke saya (kena saya),” tulis Diego.

“Terus pas dia di depan saya (rekaman mulai), kamu lihat sendiri pergerakan mulut dia. Dia ludahin lagi, tapi cuma kena dikit. Baru saya balas di situ, dan setelah itu kejadian mulai," lanjut Diego.

Diego Michiels mengklaim, Krmencik sudah melakukan provokasi terhadap dirinya sejak menit-menit awal. Dia pun sudah menyampaikan kelakuan Krmencik kepada pemain Persija lainnya, tetapi tidak ditanggapi.

"Jangan bilang saya yang mulai, padahal dia yang mulai, tapi enggak apa-apa. Salute untuk Persija dengan 3 poin. Saya terima hukuman apa pun FC," Diego menambahkan.

Pelatih Persija Thomas Doll menyebut perilaku Diego Michiels sebagai tindakan yang tidak pantas. Menurut Thomas Doll, apa yang dilakukan Diego Michiels merusak citra Liga 1. Dia juga menyayangkan aksi tersebut karena bisa menjadi contoh buruk bagi para penonton Liga 

"Saya sebenarnya tidak terlalu melihat jelas kejadiannya karena jauh dari saya. Namun, saya melihat Mika (panggilan Michael Krmencik) didatangi banyak pemain. Saya tidak bisa mengatakan lebih banyak tetapi sikap itu (memukul) layak dikartu merah," kata Thomas Doll.

"Sepak bola memang terkadang emosional, tetapi itu reaksi yang tidak bagus karena banyak masyarakat yang melihat pertandingan," lanjutnya.

Terlepas insiden itu, Thomas Doll mengatakan timnya layak mendapat kemenangan. Gol tunggal Firza Andika cukup membawa Macan Kemayoran mengantongi tambahan tiga poin.

"Semua sangat senang Liga 1 bergulir kembali karena kami selama ini hanya melakukan latihan dan pertandingan uji coba saja. Walaupun hanya menang 1-0, saya senang dengan kemenangan ini. Saya pun merasa kami layak atas kemenangan hari ini,” kata Thomas Doll. (Mal/LIB/OL-09)

Baca Juga

DOK pribadi.

Ratusan Pemain Sepak Bola Usia Dini Ikut Fun Skill Challenges

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:35 WIB
Sebanyak 525 pemain dari 110 tim usia 10-13 tahun mengikuti Fun Skill Challenges di event Tays Bakers Barati Grassroot Football Fest...
Twitter @pagarhijaumnhn

Persita Sanksi Pelaku Penyerangan Bus Persis Solo

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:20 WIB
Pihak manajemen, panpel dan kepolisian disebut terus mengawal kejadian pelemparan bus tim Persis...
Antara

Jelang KLB PSSI, Erick Himpun Masukan Stakeholder Sepak Bola

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 29 Januari 2023, 15:47 WIB
Dari berbagai masukan itulah, Erick memandang, Ketua Umum PSSI terpilih nanti dapat meramu kebijakan yang tepat dan tajam langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya