Minggu 04 Desember 2022, 12:30 WIB

Antar Belanda ke Perempat Final, Van Gaal Tepis Semua Kritik

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Antar Belanda ke Perempat Final, Van Gaal Tepis Semua Kritik

AFP
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal.

 

TIMNAS Belanda memastikan tempat di babak delapan besar Piala Dunia 2022 usai menang 3-1 atas Amerika Serikat pada laga fase 16 besar di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (3/12) malam. Sang pelatih Belanda Louis van Gaal menjawab semua kritik yang dialamatkan kepadanya dengan meloloskan tim Oranje ke fase perempat final.

Dikritik tanpa membawa total football yang menjadi ciri khas dan lebih memainkan pendekatan pragmatis, Van Gaal membuktikan Belanda sejauh ini masih di jalur yang tepat untuk ambisi mereka meraih juara. Di babak perempat final, tim Oranje akan mendapat ujian berat melawan Argentina.

"Kami masih memiliki tiga pertandingan lagi (hingga final). Saya telah membicarakan hal ini selama satu tahun terakhir, bahwa kami bisa menjadi juara dunia," kata Van Gaal.

Memphis Depay membuka keunggulan tim Oranje ketika laga baru berusia 10 menit dan jelang turun minum Daley Blind menggandakan keunggulan.

AS melalui gol Haji Wright di menit ke-76 sempat menerbitkan harapan namun gol Denzel Dumfries lima menit berselang mampu mengunci kemenangan Belanda 3-1.

Van Gaal berulang kali dikritik karena dianggap terlalu membosankan namun mereka membuktikan permainan yang klinis pada laga melawan AS.

Pelatih veteran berusia 71 tahun menepis anggapan timnya tampil tak atraktif di Piala Dunia kali ini. Para pemain pun membela Van Gaal.

"Itu adalah gol yang hebat (gol Depay). Itu adalah gol yang sempurna menurut saya," kata gelandang Belanda, Davy Klaassen.

"Tentu saja kami ingin (bermain dengan 'gaya Belanda') tapi pada akhirnya Anda ingin menang dan ini (hal) yang paling penting," imbuh Klaassen.

Piala Dunia Qatar ini menjadi yang ketiga bagi Van Gaal memimpin Belanda. Dicbawah asuhannya, tim Oranje tak terkalahkan kecuali lewat adu penalti. Dia mendapat banyak pujian pada edisi 2014 ketika membawa Belanda finis ketiga mengalahkan tuan rumah Brasil.

"Kami tidak terkalahkan bersama dia (Van Gaal), jadi pujian yang besar untuknya. Dia sangat bagus untuk sepak bola Belanda," kata sang kapten Virgil van Dijk. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Pele Mengaku Merasa Kuat dan Penuh Harapan

Baca Juga

AFP/Oli SCARFF

Gagal Angkat Performa Leeds, Marsch Didepak dari Kursi Pelatih

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:55 WIB
Selain Marsch, para asistennya yakni Rene Maric, Cameron Toschak, dan Pierre Barrieu juga...
AFP/Oli SCARFF

Didakwa Langgar Aturan Finansial, City Terancam Sanksi Berat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:47 WIB
Manchester City terancam hukuman berat bila terbukti bersalah atas tuduhan dari Liga Primer...
AFP/Miguel Medina

Inter Kirim AC Milan Keluar Lima Besar

👤Dhika Kusuma W 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:41 WIB
Martinez mencetak satu-satunya gol di laga derby melalui tandukannya pada menit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya