Jumat 25 November 2022, 05:20 WIB

Hadirkan Fan Festival Sajikan Sepak Bola Kelas Atas

RIFALDI PUTRA IRIANTO | Sepak Bola
Hadirkan Fan Festival Sajikan Sepak Bola Kelas Atas

AFP/CHANDAN KHANNA
Souq Waqif Doha

 

GENDERANG persaingan di Piala Dunia Qatar 2022 telah dibunyikan. Upacara pembukaan kompetisi sepak bola terakbar di dunia itu telah berlangsung pada Minggu (20/11) di Stadion Al Bayt, Qatar.

Penggemar dari berbagai penjuru dunia juga telah berdatangan ke ‘Negeri Timur Tengah’ tersebut. Bandara Internasional Hamad, Doha, diprediksi kedatangan lebih dari 1 juta pengunjung yang ingin menyaksikan langsung Piala Dunia yang diklaim termahal sepanjang sejarah itu.

Sejumlah pertandingan seru bakal berlangsung di Qatar selama sekitar sebulan dan sederet bintang sepak bola dunia, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, menunjukkan kebolehannya di kejuaraan empat tahunan itu.

Tidak hanya menghadirkan sejumlah pertandingan seru hingga 18 Desember mendatang, FIFA dan Qatar juga menyediakan destinasi hiburan menarik untuk para penggemar selama di Qatar, salah satunya FIFA Fan Festival.

FIFA Fan Festival merupakan tempat yang disediakan khusus untuk para penggemar sepak bola yang ingin melakukan nonton bareng seluruh pertandingan Piala Dunia 2022. Terletak di Taman Al Bidda, Kota Doha, lokasi itu dihadirkan langsung selama gelaran Piala Dunia 2022.

"FIFA Fan Festival mewakili segala sesuatu yang unik, mudah diingat, dan spesial tentang Piala Dunia FIFA Qatar. Setiap hari selama turnamen berlangsung, ribuan penggemar dari seluruh dunia akan berkumpul di sini untuk bertemu dan menikmati sepak bola kelas atas," ucap Sekretaris Jenderal Supreme Committee for Delivery & Legacy pada Piala Dunia Qatar 2022 Hassan Al Thawadi.

"Semuanya tersaji dalam suasana menakjubkan yang menampilkan Doha Corniche yang indah sebagai latar belakang," imbuhnya.

Tidak hanya menggelar nonton bareng, FIFA Fan Festival juga menghadirkan penampilan musik, budaya, kuliner, dan ragam merchandise Piala Dunia Qatar 2022. Tempat itu juga menjadi salah satu tempat yang diizinkannya para penggemar menikmati minuman beralkohol dengan waktu yang ditentukan.

Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut FIFA Fan Festival bakal menjadi jantung dari gelaran Piala Dunia 2022. Seluruh penggemar yang tidak berkesempatan menyaksikan langsung pertandingan akan berkumpul di lokasi tersebut.

"Tempat ini akan menjadi jantung dari Piala Dunia Qatar 2022. Kami bangga Anda ada di sini. Dunia bersatu di Doha untuk Piala Dunia ini dan ini berkat Anda. Di sinilah Anda akan merayakan setiap malam hingga 18 Desember mendatang," jelas Infantino.

Salah seorang penggemar asal Brasil, Andrea Nascimento dan Raphael de Jesus, mengapresiasi hadirnya FIFA Fan Festival. Jesus Menilai Qatar telah memikirkan secara matang hal-hal yang perlu mereka hadirkan untuk mendukung gelaran Piala Dunia 2022.

Dikatakan Jesus, menyaksikan langsung pertandingan sepak bola bersama penggemar lain dari seluruh dunia merupakan hal yang luar biasa. Di tambah keindahan Doha Corniche--jalanan di pinggir pantai kawasan Teluk Doha--yang membuat semua penggemar merasakan pengalaman baru.

"Saya pikir Qatar akan menjadi tuan rumah yang hebat. Sekarang setelah pertandingan dimulai, suasananya semakin meningkat," kata Jesus. "Ini adalah Piala Dunia ketiga saya setelah 2014 dan 2018. Sejauh ini semuanya telah diatur dengan sangat baik," jelasnya.

 

Sejarah sepak bola

Masih di kawasan FIFA Fan Festival, sebuah museum bersifat sementara yang memperlihatkan sejarah sepak bola global juga hadir di sana. Mengusung kampanye Goals Create History, museum itu menampilkan sejumlah objek dan cerita orisinal, termasuk aksi-aksi terbaik dari setiap final Piala Dunia.

"Pameran ini akan menampilkan objek dan cerita orisinal dari setiap final Piala Dunia FIFA sejak 1930 serta pengalaman multimedia yang unik dan ikon. Museum FIFA juga menghadirkan kaus tim nasional dari 32 tim yang berpartisipasi tahun ini," tulis FIFA dalam keterangannya.

Pada saat masuk, para pengunjung langsung disuguhkan jersey dari berbagai timnas yang berlaga di Piala Dunia 2022. Kemudian, terdapat pernak-pernik atau memorabilia Piala Dunia sejak gelaran pada 1930 hingga ajang terakhir, yakni 2018.

Pernak-pernik yang dipamerkan ialah peninggalan asli para pemain dan event, seperti sarung tangan, bola, dan maskot. Ada juga instalasi seni yang menggambarkan gelaran Piala Dunia dari masa ke masa.

"Museum unik ini mengundang para penggemar di seluruh dunia untuk terhubung satu sama lain, menjelajahi momen ikonik dan legendaris dalam sejarah sepak bola, serta untuk merefleksikan tujuan dalam hidup mereka," jelas FIFA.

Selain FIFA Fan Festival, sejumlah destinasi lain bisa dinikmati para penggemar sepak bola selama di Qatar. Souq Waqif Doha dapat menjadi salah satu tempat menarik yang dapat disinggah para pelancong.

Pasar terbesar di Qatar itu bisa menjadi tempat berburu buah tangan khas Qatar, mulai pakaian tradisional, kerajinan tangan, hingga suvenir ada di sini. Sejumlah restoran dan lounge dengan pernak-pernik Piala Dunia juga tersedia. Tak jarang sejumlah restoran menyajikan tontonan pertandingan kompetisi sepak bola terakbar di dunia itu.

Baca Juga

MI/Seno

Siapa Memiliki Sayap, Dia akan Terbang

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:20 WIB
APA yang menonjol dan bisa dipetik dari ajang Piala Dunia...
AFP/DOUGLAS MAGNO

Keluarga Richarlison Terpukul Namun Tetap Bangga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 06:00 WIB
"Kami sangat bangga dengannya. Dia mulai dari nol dan lihatlah dia sekarang. Dia adalah anak yang rendah hati, baik, dan...
AFP/Ina Fassbender

Julukan King Livi Semakin Mantap Disandang Livakovic

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 05:45 WIB
Kiper itu telah menjadi pujaan warga Kroasia ketika melakukan tiga penyelamatan di babak 16 besar melawan Jepang yang juga harus diakhiri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya