Selasa 22 November 2022, 09:44 WIB

Pemain Iran Tertekan Dampak Protes Anti-Pemerintah

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Pemain Iran Tertekan Dampak Protes Anti-Pemerintah

AFP/Fadel Senna
Pelatih Iran Carlos Queiroz (dua dari kiri) dan para pemain Timnas Iran

 

PELATIH Timnas Iran Carlos Queiroz mengakui gelombang protes yang terjadi di Iran berpengaruh terhadap permainan mereka saat dikalahkan Inggris 2-6 dalam pertandingan Grup B Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Senin (22/11) malam WIB.

Para pemain disebut merasakan ketegangan saat negara mereka bergejolak akibat kematian wanita berusia 22 tahun, Mahsa Amini, dalam tahanan polisi dua bulan lalu.

Para pemain memilih untuk tidak menyanyikan lagu kebangsaan sebagai dukungan nyata untuk pengunjuk rasa anti-pemerintah di tanah air mereka. Dipimpin oleh kapten Alireza Jahanbakhsh, para pemain Iran berdiri tanpa ekspresi dan wajah muram saat lagu kebangsaan mereka berkumandang di Stadion Internasional Khalifa.

"Tidak benar datang ke Piala Dunia ini dan meminta mereka melakukan hal-hal yang bukan tanggung jawab mereka. Mereka ingin membawa kebanggaan dan kegembiraan bagi rakyat," kata Queiroz.

"Anda bahkan tidak bisa membayangkan di balik layar apa yang dialami anak-anak ini dalam beberapa hari terakhir, hanya karena mereka ingin mengekspresikan diri mereka sebagai pesepak bola," lanjutnya.

Baca juga: Solidaritas pada Amini, Pemain Iran tidak Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Iran diguncang protes nasional selama dua bulan sejak tewasnya wanita berusia 22 tahun Mahsa Amini dalam tahanan polisi moral pada 16 September. Amini, seorang wanita Iran asal Kurdi, meninggal tiga hari setelah penangkapannya di Teheran atas dugaan pelanggaran peraturan berpakaian Republik Islam untuk wanita, termasuk kewajiban berjilbab. (AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/Ina Fassbender

Julukan King Livi Semakin Mantap Disandang Livakovic

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 05:45 WIB
Kiper itu telah menjadi pujaan warga Kroasia ketika melakukan tiga penyelamatan di babak 16 besar melawan Jepang yang juga harus diakhiri...
AFP/JUAN MABROMATA

Argentina Melaju ke Semifinal Piala Dunia 2022 Usai Kalahkan Belanda Lewat Adu Penalti

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 05:30 WIB
Argentina unggul terlebih dahulu berkat gol Nahuel Molina dan Lionel Messi, dengan gol penyeimbang Belanda diborong oleh Wout...
AFP/Adrian DENNIS

Neymar Tolak Pastikan Lanjut Perkuat Timnas Brasil

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 05:30 WIB
"Saya belum menutup pintu untuk timnas namun saya tidak bisa menjamin 100% saya akan kembali membela...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya