Jumat 18 November 2022, 13:30 WIB

Cuaca Panas di Qatar Jadi Tantangan Bagi Pemain

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Cuaca Panas di Qatar Jadi Tantangan Bagi Pemain

AFP/KARIM JAAFAR
Salah satu stadion yang akan digunakan di Piala Dunia 2022, Stadion Al-Janoub di Doha, Qatar.

 

KONDISI terik di Qatar mulai menjadi tantangan bagi para pemain dan suporter. Meski digelar di musim dingin, Piala Dunia 2022 tetap dibayang-bayangi tantangan cuaca panas.

Timnas Inggris, misalnya, menggenjot program aklimatisasi mereka berlatih di cuaca terpanas. Skuat besutan Gareth Southgate itu turun ke lapangan di markas Klub Olahraga Al-Wakrah pada tengah hari, pukul 12.30 waktu setempat, dengan suhu 33 derajat celcius.

Cuaca panas menjadi perhatian sejak Qatar ditunjuk untuk menggelar turnamen. Stadion pertandingan pun akhirnya dibangun ber-AC. Namun, kondisi ketika pertandingan akan lebih bersahabat karena digelar malam hari dengan suhu di bawah 30 derajat celcius.

Baca juga: Brasil Tegaskan Baru akan Cari Pengganti Tite, Januari

"(Latihan hengah hari) itu adalah sesuatu yang kami butuhkan sebagai tim untuk membiasakan diri, merasakannya, memahaminya. Saya tidak akan mengatakan itu tidak sulit tetapi kami profesional, kami mengerti apa yang kami lakukan," kata pemain timnas Inggris, Conor Coady.

"Ini adalah lingkungan yang berbeda bagi kami, ini adalah sesuatu yang ingin kami lakukan secepat mungkin. Pergi ke sana dan terlalu memikirkan panas atau berpikir itu terlalu panas tidak akan membawa kita kemana-mana. Kita tidak terlalu sering terkena sinar matahari di Inggris, jadi mari kita nikmati," imbuhnya.

Kekhawatiran muncul di kalangan suporter. Area taman penggemar resmi FIFA dan stadion dilaporkan tidak memiliki air mancur minum yang bisa diakses bebas.

Absennya fasilitas publik itu dikhawatirkan berimbas para suporter mengalami masalah kesehatan seperti heat stroke.

Suporter yang menghadiri pertandingan dan mengunjungi area festival resmi FIFA memang bisa membeli air botol resmi turnamen seharga 2,30 pund sterling (setara Rp42 ribu) per botol tetapi tidak ada ketentuan untuk isi ulang. (The Guardian/Daily Mail/OL-1)

Baca Juga

dok.ant

Preview 16 besar Piala Dunia 2022: Inggris vs Senegal

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 08:45 WIB
CATATAN statistik yang harus diperhatikan Senegal kala menghadapi Inggris ialah tim-tim Afrika tak pernah menang dari total 21 pertemuan...
dok.ant

Preview 16 besar Piala Dunia 2022: Prancis vs Polandia

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 07:25 WIB
JUARA bertahan Prancis favorit memenangkan duel ketiga dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama ini, namun Polandia yang...
AFP

Bungkam Australia 2-1, Argentina tantang Belanda di Perempatfinal

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 06:20 WIB
TIMNAS Argentina mengalahkan Australia 2-1 pada babak 16 besar Piala Dunia yang berlangsung di Ahmad Bin Ali, Doha, Minggu (4/12) dini hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya