Kamis 17 November 2022, 23:17 WIB

Jordi Amat dan Sandy Walsh Belum Pasti Tampi Di Piala AFF 2022

Widhoroso | Sepak Bola
Jordi Amat dan Sandy Walsh Belum Pasti Tampi Di Piala AFF 2022

ANTARA/Hafidz Mubarak
Jordi Amat (kiri) dan Sandy Walsh usai mengucapkan Sumpah dan Janji Setia Pewarganegaraan di Kanwil Kemenkum HAM Jakarta, Kamis (17/11).

 

JORDI Amat dan Sandy Walsh sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Namun, kedua pemain tersebut masih belum tentu bisa memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

PSSI mesti terlebih dahulu mengurus perpindahan federasi untuk Amat dan Walsh. Bila tidak dilakukan maka kedua pemain tersebut tak dapat berseragam timnas Indonesia pada Piala AFF 2022.

Sebelumnya, Amat terdaftar di federasi sepakbola Spanyol (RFEF). Sedangkan, Walsh tercatat pada asosiasi sepakbola Belanda (KNVB).

Terkait persoalan tersebut ketua umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku belum tahu berapa lama proses perpindahan federasi untuk Amat dan Walsh. Hanya saja, ia mengatakan mereka didaftarkan buat Piala AFF 2022 yang mana batas akhir penyerahan nama pemain jatuh pada 20 November mendatang.

"Kami akan bersurat ke FIFA yang jelas. Tapi belum tahu berapa lama itu persyaratan yang harus dipenuhi untuk perpindahan federasi," kata Iriawan.

"Mohon doanya dari teman-teman agar proses ini cepat selesai sehingga bisa memperkuat timnas kita di AFF. Namun bersabar karena prosesnya harus dilalui," Iriawan menambahkan.

Piala AFF tahun ini akan dimulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia menempati Grup A bersama Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, dan Thailand.

Tak bisa bermain karena terganjal masalah perpindahan federasi pernah dialami Ezra Walian. Pilar Persib Bandung tersebut gagal memperkuat timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

"Kami berharap keduanya (Amat dan Sandy) bisa bermain di Piala AFF 2022. Karena jika KK, KTP, dan paspor cepat kami lampirkan, kami akan kirim ke FIFA dan FIFA yang proses. Kami berharap mungkin secara formal surat segera dikirim, secara informal saya akan sampaikan ke teman-teman di FIFA," ungkap sosok yang karib disapa Iwan Bule tersebut. (Goal/OL-15)
 

Baca Juga

AFP/MANAN VATSYAYANA

Belajar dari Pengalaman Qatar

👤BUDI ERNANTO 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:40 WIB
PERJALANAN Qatar di Piala Dunia 2022 berakhir di fase grup. Walaupun berstatus sebagai tuan rumah, Qatar gagal memanfaatkan dukungan publik...
AFP

Kebangkitan Kuda Hitam Asia

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:30 WIB
KEJUTAN ditunjukkan sejumlah tim dari Asia di Piala Dunia 2022. Arab Saudi menjadi tim pertama yang membuat heboh karena mereka mampu...
AFP/ANTHONY WALLACE

Piala Dunia Munculkan Potensi Lonjakan Kasus Baru

👤BUDI ERNANTO 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:20 WIB
INGGRIS dengan gemilang mampu menembus perempat final Piala Dunia 2022 berkat mengalahkan Senegal di babak 16 besar, Minggu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya