Kamis 17 November 2022, 13:32 WIB

Susah Payah Menang dari Oman, Jerman belum Meyakinkan

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Susah Payah Menang dari Oman, Jerman belum Meyakinkan

AFP/ HAITHAM AL-SHUKAIRI
Laga Jerman melawan Oman

 

SKUAD Jerman dinilai belum begitu meyakinkan sebagai salah satu pesaing juara di Piala Dunia Qatar setelah hanya menang tipis 1-0 atas Oman pada laga uji coba di Sultan Qaboos Complex, Muscat, Kamis (17/11) dini hari. Pelatih Hans-Dieter Flick mengakui para pemainnya tak mau mengambil risiko potensi cedera.

Skuad Die Mannschaft unggul tipis melalui gol telat Niclas Fullkrug di menit ke-80. Striker Werder Bremen itu tampil apik sebagai pengganti di babak kedua.

Laga tersebut menjadi debut bagi pemain berusia 29 tahun itu yang di klub tengah naik daun mencetak 10 gol musim ini di Bundesliga.

Flick memang mengistirahatkan beberapa andalannya di lini serang seperti Jamal Musiala, Serge Gnabry, dan Mario Gotze. Joshua Kimmich juga baru dimainkan di babak kedua. Meski susah payah memetik kemenangan, Flick tetap puas dengan hasilnya.

"Kami ingin menggunakan laga ini untuk melihat beberapa pemain beraksi, tetapi juga untuk mendapatkan waktu beristirahat. Secara keseluruhan, pertandingan ini memenuhi tujuannya," ungkap Flick.

"Usaha kami tidak pada level yang ingin kami lihat di Piala Dunia, tetapi Anda dapat memahami para pemain tidak ingin mengambil terlalu banyak risiko karena waktunya sudah begitu dekat dengan turnamen," ucap mantan pelatih Bayern Muenchen itu.

Baca juga: Jerman Menang Tipis Atas Oman di Laga Pemanasan Piala Dunia 2022

Opsi-opsi pemain yang ada masih diutak-atik oleh Flick. Youssoufa Moukoko, yang akan menjadi debutan termuda Jerman di Qatar, juga diberi kesempatan unjuk gigi di paruh pertama sebelum digantikan Fullkrug.

Striker Borrusia Dortmund berusia 17 tahun itu hampir saja mencetak gol di babak pertama namun upayanya membentur tiang gawang.

"Performa kami lebih baik di babak kedua. Niclas Fullkrug pantas mendapatkan golnya, Anda bisa melihat pengaruhnya pada permainan," ucap Flick.

Di Qatar nanti, Die Mannschaft ingin menghapus kenangan buruk edisi 2018 tersingkir sejak babak grup. Sebab itu, Jerman yang tergabung di Grup E berambisi membidik kemenangan pada laga pertama melawan Jepang, 23 November. Empat hari berselang, mereka akan melawan Spanyol lalu disusul dengan laga kontra Kosta Rika.

"Fokus kami sekarang pada Jepang. Kami ingin tiga poin pertama kami di Piala Dunia melawan mereka," kata kapten tim Manuel Neuer.(ESPN/DFB/OL-5)

Baca Juga

AFP/Paul ELLIS

Mengapa Manchester United dan Liverpool Dijual?

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 29 November 2022, 11:45 WIB
Keluarga Glazers dan FSG merupakan bagian dari upaya pembentukan Liga Super Eropa yang gagagl pada...
AFP/Jewel SAMAD dan AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Preview Piala Dunia 2022: Belanda vs Qatar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 29 November 2022, 11:30 WIB
Kini, Qatar menghadapi pertandingan yang jauh dari kata ringan menghadapi Belanda, yang berpotensi memperpanjang rasa malu...
AFP/Anne-Christine POUJOULAT dan AFP/Jewel SAMAD

Preview Piala Dunia 2022: Iran vs Amerika Serikat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 29 November 2022, 11:15 WIB
Ini adalah satu-satunya pertandingan Piala Dunia 2022 yang paling bermuatan politik sekalipun dalam arena olahraga mereka mungkin tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya