Senin 14 November 2022, 05:00 WIB

Tim Swiss Juarai Piala Billie Jean King

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Tim Swiss Juarai Piala Billie Jean King

AFP/Lesley Martin
Timnas Swiss merayakan keberhasilan mereka menjadi juara Piala Billie Jean King

 

TIM putri Swiss memberi kegembiraan bagi para pecinta tenis di negeri itu yang tengah berduka dengan pensiunnya Roger Federer ketika mereka menjadi juara Piala Billie Jean King, Minggu (13/11), dengan mengalahkan Australia di babak final.

Dua bulan setelah Federer, salah satu petenis terbaik sepanjang sejarah, mengumumkan pengunduran dirinya, rekan senegaranya, Belinda Bencic dan Jill Teichmann menang di nomor tunggal untuk mengantarkan Swiss menjadi juara untuk pertama kali sepanjang sejarah di turnamen tenis beregu putri, yang dulunya bernama Piala Fed itu.

Ini merupakan penampilan ketiga Swiss di babak final. Mereka kalah di final dari Rusia, yang tahun ini dilarang bertanding karena invasi ke Ukraina, di edisi pertama Piala Billie Jean King.

Baca juga: Swiss Tekuk Italia di Piala Billie Jean King

Swiss juga menjadi runner up kala masih diperkuat Martina Hingis pada 1998.

"Apa yang terjadi tahun lalu memberi kami motivasi tambahan," ujar Bencic, yang merupakan peringkat 12 dunia.

"Kami sangat terpukul, saya rasa kami tidak pernah menangis sebanyak itu."

"Selepas turnamen itu, Jill mengatakan kita menjadi juara pada tahun depan dan kami berhasil melakukannya. Saya amat sangat bangga pada diri kami," lanjutnya.

Bagi Australia, kekalahan dari Swiss di laga final sangat menyakitkan. Pasalnya, setelah menjadi juara pada 1974, Australia sudah tampil di 10 laga final dan selalu kalah.

Tunggal pertama Australia, Storm Sanders, yang tidak terkalahkan sebelum laga final, sukses menyulitkan Teichmann, meski hanya berperingkat 237 dunia sebelum menyerah 6-3, 4-6, dan 6-3 dalam tempo lebih dari 2 jam.

Bencic, yang merebut medali emas nomor tunggal dan medali perak nomor ganda di Olimpiade Tokyo 2020, tampil impresif untuk mengalahkan Alja Tomljanovic 6-2 dan 6-1 sehingga laga nomor ganda tidak perlu dimainkan. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Pele Mengaku Merasa Kuat dan Penuh Harapan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 12:00 WIB
LEGENDA sepak bola Brasil Pele mengatakan pada Sabtu malam atau Minggu WIB (4/11/2022) bahwa dia merasa "kuat, dengan banyak...
dok.ant

Preview 16 besar Piala Dunia 2022: Inggris vs Senegal

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 08:45 WIB
CATATAN statistik yang harus diperhatikan Senegal kala menghadapi Inggris ialah tim-tim Afrika tak pernah menang dari total 21 pertemuan...
dok.ant

Preview 16 besar Piala Dunia 2022: Prancis vs Polandia

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 07:25 WIB
JUARA bertahan Prancis favorit memenangkan duel ketiga dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama ini, namun Polandia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya