Jumat 11 November 2022, 05:15 WIB

Unjuk Gigi Talenta Muda Los Ticos

RIFALDI PUTRA IRIANTO | Sepak Bola
Unjuk Gigi Talenta Muda Los Ticos

AFP

 

SEDERET talenta muda memperkuat tim nasional (timnas) sepak bola Kosta Rika dalam gelaran Piala Dunia Qatar 2022. Sebanyak 11 pesepak bola berusia di bawah 25 tahun telah dipastikan membela laskar Los Ticos--julukan timnas Kosta Rika--di Qatar.

Pelatih timnas Kosta Rika, Luis Fernando Suarez, telah mengumumkan nama-nama pemain yang bakal dibawanya ke Qatar. Dilansir dari laman resmi federasi sepak bola Kosta Rika, Suarez telah menetapkan 26 pemain terbaik untuk Piala Dunia 2022.

Suarez menyebut tidak mudah baginya untuk merumuskan 26 nama yang bakal dibawanya ke Qatar. Meski banyak diisi pemain muda, dia menegaskan ambisi skuadnya untuk melangkah jauh dalam kompetisi sepak bola terakbar di dunia itu sangatlah besar.

"Banyak yang dipertaruhkan untuk menentukan daftar pemain karena bukan hanya 26 pesepak bola yang memenuhi syarat. Kami juga melihat banyak hal untuk menentukan komposisi ini, saya melihat kapasitas, dedikasi, dan karakter pada tiap-tiap pemain," sebut Suarez dikutip dari laman resmi klub.

Dari 26 pemain yang ditetapkan, nama-nama bintang Los Ticos, seperti Keylor Navas (kiper PSG), hingga mantan pemain Arsenal Joel Campbell masih akan dilibatkan Suarez. Itu tentu penting untuk mengimbangi 11 pemain muda yang akan diturunkannya.

Dijelaskan Suarez, perkembangan positif terus ditunjukkan skuadnya dalam persiapan menuju Qatar. Dia pun percaya jika skuadnya konsisten dan terus menunjukkan perkembangan positif, hasil terbaik bakal dicapai timnas Kosta Rika pada Piala Dunia 2022 nanti.

"Di grup ini, saya melihat fokus yang baik, saya juga melihat peningkatan terus-menerus sejak kami mulai, selain tentunya profesionalisme, dedikasi untuk negara, kecerdasan, dan kepemimpinan. Saya bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbicara tentang kualitas yang membuat saya jatuh cinta dengan skuad ini," terang Suarez.

 

Manfaatkan peluang

Piala Dunia kali ini bakal menjadi yang keenam kalinya untuk laskar Los Ticos setelah sebelumnya turun pada edisi 2018, 2014, 2006, 2002, dan 1990. Dari lima edisi terakhir, penampilan terbaik Kosta Rika terjadi pada 2014, yakni mencapai perempat final.

Dalam aksinya delapan tahun lalu di Brasil, Los Ticos tampil cukup gahar. Mereka memuncaki klasemen grup maut di atas Uruguay, Italia, dan Inggris. Di perempat final, hanya kalah adu penalti dari tim tangguh, Belanda.

Pada Piala Dunia tahun ini, Kosta Rika tergabung di Grup E. Keylor Navas dkk beradu dengan tim-tim yang cukup kuat, seperti Spanyol, Jerman, dan Jepang. Laga berat bakal langsung diladeni Los Ticos di Qatar. Mereka akan memulai perjalanan dengan menghadapi Spanyol pada 23 November.

Spanyol dan Jerman tentu menjadi tantangan berat Kosta Rika di fase grup. Namun, Kosta Rika tidak ingin menyerah begitu saja. Apalagi tiket ke Qatar mereka dapatkan melalui jalur play-off antarbenua dengan menyisihkan Selandia Baru.

"Ini merupakan peluang yang harus kami manfaatkan sebaik mungkin. Saya berharap Tuhan memberi saya kesehatan untuk menikmati Piala Dunia ketiga saya. Itu ialah sesuatu yang selalu saya impikan," tutur Campbell.

Meski diperkuat pemain muda, pemain senior Joel Campbell tetap optimistis dengan kemampuan skuad negaranya. Pesepak bola berusia 30 tahun itu menyatakan bahwa pemain telah berkerja keras untuk persiapan ke Piala Dunia.

"Setiap hari kami bekerja keras untuk berlatih dengan pemain yang berjuang untuk mencapai yang terbaik. Mereka masih muda, tetapi mereka cukup baik. Saya rasa melibatkan pemain muda ialah hal penting dengan pandangan ke masa depan," jelasnya.

Sementara itu, Presiden Komite Eksekutif Federasi Sepak Bola Kosta Rika, Rodolfo Villalobos, meyakini bahwa laskar Los Ticos untuk Piala Dunia 2022 ialah yang terbaik. Dia pun optimistis skuad tersebut bakal tampil maksimal di Qatar.

"Pilihan pemain sepak bola akan selalu menjadi tanggung jawab pelatih. Kami sepenuhnya memercayai analisis mendalam yang dilakukan untuk pemilihan tersebut. Kami yakin tim ini dapat menampilkan yang terbaik," tukas Villalobos. (FCRF/R-2)

Baca Juga

ANTARA/Fikri Yusuf

Shin Tae-yong Fokus Perkuat Fisik Dan Konsistensi Pemain Timnas

👤Widhoroso 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:29 WIB
PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong fokus memperkuat fisik dan konsistensi pemain sebelum tampil menghadapi Kamboja di laga perdfana...
AFP/Alberto PIZZOLI

Van Dijk: Sebuah Kehormatan Bermain Melawan Messi

👤Widdhoroso 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:18 WIB
BEK sekaligus kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk, menyadari bahwa Lionel Messi bakal menjadi ancaman tersendiri bagi skuat...
AFP/Franck Fife

Inggris Tidak Akan Istimewakan Mbappe

👤Widhoroso 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:10 WIB
KYLE Walker menegaskan Inggris tidak akan memberi perlakuan istimewa terhadap Kylian Mbappe saat menghadapi Prancis di perempat final Piala...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya