Jumat 04 November 2022, 12:21 WIB

Qatar Bayar Sejumlah Pendukung Demi Narasi Positif di Piala Dunia 2022

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Qatar Bayar Sejumlah Pendukung Demi Narasi Positif di Piala Dunia 2022

AFP/Yuki IWAMURA
Trofi Piala Dunia

 

PIHAK penyelenggara Piala Dunia Qatar dikabarkan rela membayar sekelompok penggemar untuk memberikan komentar positif di sosial media terkait penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Para penggemar tersebut akan dibayar dengan tiket pesawat dan hotel untuk menyaksikan secara langsung gelaran turnamen tersebut. 

Seperti diketahui, jelang gelaran Piala Dunia 2022, Qatar selaku tuan rumah menerima sejumlah isu negatif di sosial media. Mulai dari masalah penjadwalan pertandingan hingga isu pelanggaran HAM menyelimuti pesta sepak bola empat tahunan tersebut. 

Baca juga:

Dikutip dari Daily Mail, seorang pimpinan penggemar sepak bola asal Belanda mengonfirmasi bahwa dirinya diundangan panitia penyelenggara bersama sekitar 50 penggemar asal Belanda lainnya untuk terbang ke Qatar. 

Sebagai imbalannya, mereka harus menandatangani perjanjian yang meminta mereka untuk memposting komentar hingga konten positif terkait gelaran Piala Dunia 2022 di sosial media. Selain itu mereka juga minta melaporkan komentar yang menyinggung, merendahkan, atau kasar kepada pihak penyelenggara. 

Secara terpisah, Komite Tertinggi untuk Pengiriman & Warisan (SC) membenarkan adanya program yang dinamai 'Fan Leader Program' itu. Namun mereka menyatakan bahwa program itu bukanlah program buzzer. Mereka mengatakan undangan kepada para penggemar itu sebagai bentuk terima kasih karena mereka membantu menyemarakkan gelaran Piala Dunia 2022. 

"Saat turnamen semakin dekat, kami telah mengundang para pemimpin penggemar kami yang paling aktif untuk secara pribadi menominasikan sejumlah kecil penggemar lainnya untuk bergabung dengan kami sebagai tamu kami, ini merupakan cara kami berterimakasi kepada mereka atas kolaborasi mereka," kata juru bicara SC yang tidak disebutkan namanya.

Penyelenggara tidak mengatakan berapa banyak penggemar yang mereka undang, atau memberikan rincian keuangan. namun media Belgia dan Prancis juga melaporkan bahwa kelompok penggemar di negara  mereka juga ditawari perjalanan gratis ke Piala Dunia oleh pihak penyelenggara. (Rif/OL-6)

Baca Juga

FRANCK FIFE / AFP

Prancis Kalah dari Tunisia karena Sudah Fokus ke Babak 16 Besar

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:30 WIB
Deschamps ingin menyimpan amunisi menjaga pemain utamanya tetap segar untuk laga melawan...
ANDREJ ISAKOVIC / AFP

Messi: Kegagalan Penalti Membuat Kami Lebih Kuat

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:18 WIB
Messi mengakui frustrasi penaltinya tak masuk karena La Albiceleste wajib menang untuk lolos. Tapi kegagalan itu membuat timnya menjadi...
 Miguel Schincariol / AFP

Ada Masalah Tumor Usus, Pele Kembali Dirawat di Rumah Sakit

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:10 WIB
Legenda sepak bola Brasil, Pele kembali dirawat di rumah sakit untuk pemeriksaan ulang pengobatan tumor usus besar yang diderita sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya