Kamis 03 November 2022, 11:20 WIB

SUGBK tidak Boleh Digunakan untuk Konser hingga Piala Dunia U-20

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
SUGBK tidak Boleh Digunakan untuk Konser hingga Piala Dunia U-20

ANTARA/Galih Pradipta
Ilustrasi--Warga berolahraga di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak boleh digunakan untuk konser dan kegiatan lain hingga Piala Dunia U-20 2023, yang akan digelar mulai 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan.

Keputusan itu dibuat karena SUGBK sudah masuk dalam daftar stadion yang telah disetujui FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. 

Berdasarkan kesepakatan, SUGBK dan stadion-stadion lainnya harus steril dari kegiatan apa pun sejak enam bulan sebelum Piala Dunia U-20.

Baca juga: Shin Tae-yong Percaya Diri Indonesia Lolos Fase Grup Piala Asia U-20

"Itu (konser) pasti tidak boleh. Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan disetujui FIFA, November ini akan dimulai direnovasi. Yang sudah selesai (renovasi), stadionnya tidak diizinkan untuk digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain," ucap Zainudin di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/11).

"Kan GBK punya negara, tinggal ngomong saja ke Mensekneg (Menteri Sekretaris Negara)," kata dia.

Zainudin juga menyatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait waktu mulai renovasi.

Ia memastikan apabila sudah memasuki tahap renovasi maka stadion tersebut sudah pasti tidak bisa digunakan untuk kegiatan apa pun, termasuk konser dan pertandingan timnas.

Kebijakan serupa juga berlaku untuk lima stadion utama lainnya yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Zainudin akan menyosialisasikan lagi kepada pemerintah daerah agar stadion-stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023 tidak digunakan untuk kegiatan apa pun.

"Saya bisa memastikan itu (konser) tidak mungkin (digelar). Kami sudah memberikan kesediaan ke FIFA bahwa Jakarta itu stadion utama yang digunakan untuk Piala Dunia U-20," tandas Zainudin.

Selain SUGBK, lima stadion yang juga sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 adalah Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.

Sederet agenda konser sudah menanti tahun depan, salah satunya konser girl band Korea Selatan, Blackpink.

Pihak promotor Blackpink telah menyatakan bahwa konser bertajuk Blackpink Born Pink itu akan digelar di Stadium Utama GBK pada 11-12 Maret 2023. Penjualan tiket dibuka mulai 14 November mendatang.

Selain Blackpink, penyanyi solo Raisa juga dijadwalkan menggelar konser tunggal di SUGBK pada 25 Februari 2023.

Ketika dihubungi, pihak GBK, hingga saat ini, belum memberikan jawaban mengenai hal itu. (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/Seno

Siapa Memiliki Sayap, Dia akan Terbang

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:20 WIB
APA yang menonjol dan bisa dipetik dari ajang Piala Dunia...
AFP/DOUGLAS MAGNO

Keluarga Richarlison Terpukul Namun Tetap Bangga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 06:00 WIB
"Kami sangat bangga dengannya. Dia mulai dari nol dan lihatlah dia sekarang. Dia adalah anak yang rendah hati, baik, dan...
AFP/Ina Fassbender

Julukan King Livi Semakin Mantap Disandang Livakovic

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 05:45 WIB
Kiper itu telah menjadi pujaan warga Kroasia ketika melakukan tiga penyelamatan di babak 16 besar melawan Jepang yang juga harus diakhiri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya