Jumat 28 Oktober 2022, 11:30 WIB

Arsenal Kalah dari PSV, Arteta Mulai Khawatir

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Arsenal Kalah dari PSV, Arteta Mulai Khawatir

AFP/ADRIAN DENNIS
Pelatih Arsenal Mikel Arteta

 

MANAJER Arsenal Mikel Arteta mulai khawatir setelah timnya dikalahkan PSV Eindhoven 0-2 dalam laga lanjutan Liga Europa, di Stadion Philips, Belanda, Jumat (28/10) dini hari WIB. Ini merupakan kekalahan kedua The Gunners--julukan Arsenal--musim ini yang juga jadi ujian konsistensi permainan sang pemimpin klasemen Liga Primer Inggris itu.

Arsenal telah memenangkan empat pertandingan Grup A di Liga Europa. The Gunners sebenarnya hanya membutuhkan satu poin untuk lolos ke babak 16 besar Liga Europa, namun mereka mampu dikalahkan tuan rumah lewat gol Joey Veerman dan Luuk de Jong. 

Selain PSV, Arsenal juga sebelumnya takluk dari Manchester United di Liga Primer Inggris, awal bulan lalu, sekaligus menjadi kekalahan perdana musim ini.

Baca juga: Arsenal Menyerah di Markas PSV

"Saya sangat kecewa. Ini adalah akhir dari jangka panjang di mana kami memenangkan banyak pertandingan dan kami harus kembali mengatur ulang," kata Arteta.

"Selamat kepada PSV, mereka adalah tim yang lebih baik hari ini. Kami tidak berada di level permainan kami dan kami tahu bahwa di Eropa sangat sulit untuk menang," lanjutnya.

Menurutnya, The Gunners tidak mampu memanfaatkan dominasi mereka lantaran tidak tampil cukup agresif. Mereka mencatatkan penguasaan bola 70% dibanding PSV yang hanya 30%. Namun, Arsenal hanya bisa melepas tiga tembakan ke arah gawang dari 15 percobaan yang dibuat. Sementara PSV bisa membuat lima tendangan ke arah gawang dari delapan kesempatan.

"Saya pikir itu sangat berbeda, sejak awal. Meskipun kami memiliki periode di mana kami mengendalikan permainan, saya tidak merasa bahwa kami memiliki ancaman dan agresi yang kami mainkan," ujar Arteta.

"Itu mengkhawatirkan. Di babak kedua, saat terjadi kesalahan, kami terjatuh dan kami tidak benar-benar menemukan momen untuk memberi kami harapan untuk bereaksi dan mendapatkan sesuatu dari laga ini, " jelasnya.

Arteta menegaskan para pemainnya mungkin kelelahan setelah menampilkan performa impresif sejak awal musim ini. Arsenal disebut sudah memenangi banyak laga dan saatnya beristirahat sejenak.

Kekalahan itu membuat Arsenal, yang saat ini ada di posisi puncak dengan 12 poin, ditempel ketat PSV di posisi kedua dengan selisih dua poin. 

Arsenal harus mengalahkan Zurich dalam pertandingan grup terakhir mereka pekan depan di Stadion Emirates untuk lolos ke babak 16 besar.

Jika mereka gagal menang dan PSV mengalahkan Bodo/Glimt di Norwegia, Arsenal akan menghadapi pertandingan tambahan di babak playoff 16 besar melawan tim-tim yang menempati urutan ketiga grup Liga Champions, termasuk Barcelona.

"Jelas kami tahu hasilnya dan apa yang terjadi dan kompetisi akan ada di level yang mungkin sebelumnya belum pernah ada. Inilah tantangan buat kami," pungkas Arteta. (Independent/OL-1)

Baca Juga

AFP/MANAN VATSYAYANA

Belajar dari Pengalaman Qatar

👤BUDI ERNANTO 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:40 WIB
PERJALANAN Qatar di Piala Dunia 2022 berakhir di fase grup. Walaupun berstatus sebagai tuan rumah, Qatar gagal memanfaatkan dukungan publik...
AFP

Kebangkitan Kuda Hitam Asia

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:30 WIB
KEJUTAN ditunjukkan sejumlah tim dari Asia di Piala Dunia 2022. Arab Saudi menjadi tim pertama yang membuat heboh karena mereka mampu...
AFP/ANTHONY WALLACE

Piala Dunia Munculkan Potensi Lonjakan Kasus Baru

👤BUDI ERNANTO 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:20 WIB
INGGRIS dengan gemilang mampu menembus perempat final Piala Dunia 2022 berkat mengalahkan Senegal di babak 16 besar, Minggu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya