Kamis 27 Oktober 2022, 04:39 WIB

Menang Telak di Kandang Ajax, Liverpool Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Menang Telak di Kandang Ajax, Liverpool Lolos ke 16 Besar Liga Champions

AFP/JOHN THYS
Para pemain Liverpool melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Ajax di laga Liga Champions.

 

LIVERPOOL meraih tiket ke babak 16 besar Liga Champions setelah menang secara meyakinkan 3-0 atas Ajax dalam pertandingan ke-5 Grup A di Amsterdam Arena, Kamis (27/10) dini hari WIB.

Tiga gol Liverpool masing-masing dicetak oleh Mohammed Salah, Darwin Nunez, dan Harvey Elliot.

Berdasarkan laman resmi UEFA, kemenangan ini membuat Liverpool lolos ke 16 besar dengan berada di peringkat ke-2 grup dengan perolehan 12 poin, unggul jauh dari posisi ketiga yang ditempati Ajax yang meraih 3 poin.

Baca juga: Menang Telak di Kandang Club Brugge, Porto Buka Peluang Lolos ke 16 Besar

Liverpool nyaris kebobolan saat laga baru berjalan tiga menit. Ajax membangun serangan dari kiri dan Steven Berghuis berlari bebas setelah menerima sodoran dari Brian Brobbey. Namun, sepakan Berghuis cuma membentur tiang gawang.

Ajax bermain agresif dan menekan Liverpool. Tim Belanda itu mendapatkan peluang pada menit ke-16, percobaan Berghuis masih melebar. Sesaat berselang, sepakan keras Jorge Sanchez dari depan kotak penalti masih bisa diamankan Alisson Becker.

Liverpool mulai menemukan permainannya. Umpan silang Andy Robertson pada pada menit ke-29 disambar Mohamed Salah dengan sepakan voli, tetapi masih membentur bek Ajax.

Liverpool hampir kebobolan pada menit ke-36. Sapuan Joe Gomez membentur pemain Ajax dan menjadi peluang untuk tuan rumah, dengan Steven Bergwijn lolos di sisi kanan. Umpan silangnya diterima Dusan Tadic yang bebas di kiri dan sepakannya masih mampu diblok Trent Alexander-Arnold.

The Reds mendapatkan peluang pada menit ke-41. Harvey Elliott melakukan percobaan dari luar kotak penalti, tetapi usahanya masih mudah diamankan Remko Pasveer.

Liverpool memimpin pada menit ke-42. Jordan Henderson meloloskan diri di sisi kiri dan melepaskan umpan silang. Salah, yang tidak terkawal, menyambut bola dan kemudian menaklukkan Pasveer. Skor menjadi 1-0.

Liverpool hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-44. Robertson mengirim umpan silang dari kiri dan diterima Firmino di kanan.

Dalam posisi bebas, Firmino memilih mengoper lagi dan disambar Darwin Nunez di tiang jauh, namun cuma membentur tiang. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Liverpool mengawali babak kedua dengan baik dan bisa menambah keunggulan pada menit ke-49. Umpan sepak pojok Robertson ditanduk Darwin Nunez dan berakhir di pojok kanan gawang. Skor menjadi 2-0 untuk tim tamu.

Tim asuhan Juergen Klopp mencetak gol ketiga, dua menit berselang. Umpan terobosan Salah diterima Harvey Elliott, yang berlari bebas di sisi kanan. Ia menuntaskan tusukannya dengan tembakan keras kaki kanan yang gagal dihalau Pasveer. Kedudukan menjadi 3-0.

Ajax mencoba mencetak gol pada menit ke-65. Upaya Bergwijn masih melambung. Dua menit berselang, sambaran Kenneth Taylor menyambut umpan silang Tadic juga belum menemui sasaran.

Ajax kembali membuang peluang pada menit ke-85. Jurrien Timber merangsek dan melewati sejumlah pemain, tetapi sepakannya cuma melenceng ke kiri gawang.

Skor tidak berubah sampai pertandingan usai. Skor akhir 3-0 untuk kemenangan Liverpool. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Jelang Laga Kontra Ghana, Korsel Harus Tampil Lebih Klinis

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 14:34 WIB
Ghana sama sekali tidak boleh dianggap remeh oleh Korea Selatan. Pasalnya, skuad asuhan Otto Addo berhasil membuat Portugal jatuh bangun di...
AFP

Swiss Tak Gentar Nama Besar Brasil

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 12:55 WIB
BEK Timnas Swiss Nico Elvedi mengatakan bahwa timnya tidak gentar dengan kekuatan serta kualitas Brasil saat kedua tim bertemu dalam...
dok.AFP

Kecemerlangan Mbappe Janganlah Segera Berakhir

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 11:45 WIB
DUA gol Kylian Mbappe dalam kemenangan 2-1 atas Denmark, Sabtu (26/11) malam WIB menjawab kekhawatiran Prancis yang dilanda badai cedera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya