Rabu 19 Oktober 2022, 14:54 WIB

Soal Kompetisi Sepak Bola Indonesia, Menpora Tunggu Kajian Tim Task Force

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Soal Kompetisi Sepak Bola Indonesia, Menpora Tunggu Kajian Tim Task Force

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menpora Zainudin Amali

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan pihaknya masih menunggu hasil kajian dari tim task force untuk menentukan keberlanjutan kompetisi sepak bola Indonesia.

Seperti diketahui sebelumnya, imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang, kompetisi sepak bola di bawah naungan Pengurus Pusat Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dihentikan sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.

"FIFA sekarang sudah di sini (Indonesia), AFC, PSSI kemudian bersama  dengan pemerintah sudah membentuk tim kerja atau yang kita kenal dengan tim task force. Nanti tim itu akan memberikan rekomendasi-rekomendasi, mereka akan melihat secara keseluruhan bagaimana penyelenggaraan kompetisi yang ada di Indonesia kemudian saran-saran apa yang harus diperbaiki dalam sistem kompetisi sepak bola Indonesia," ucap Zainudin saat ditemui di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10).

"Mereka (tim task force) akan melihat secara keseluruhan mulai dari fasilitas Stadion, tentang pengamanan penyelenggaraan hingga terkait suporter klub," imbuhnya.

Zainudin menjelaskan, terkait pengamanan penyelenggaraan tim akan bekerja untuk membuat peraturan pengamanan yang bakal mengolaborasikan dari stauta FIFA, statuta PSSI hingga peraturan pihak kepolisian.

"Itu nanti bakal menjadi aturan yang baku yang akan dikeluarkan Kepolisian mana kala ada permintaan izin untuk kegiatan olahraga sepak bola dan olahraga lainnya," tuturnya.

Baca juga: Tindaklanjuti Arahan Presiden, Menpora Pimpin Rakor Evaluasi Menyeluruh Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola

Sementara terkait suporter, Zainudin menyebut itu bakal menjadi satu hal yang akan disupervisi oleh FIFA. Nantinya, induk organisasi sepak bola internasional itu akan menyupervisi terkait bagaimana mengedukasi dan menyosialisasikan aturan-aturan untuk suporter dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

Dengan tim task force yang saat ini segera bekerja, Menpora berharap sistem penyelenggaraan kompetisi sepak bola di Indonesia dapat menjadi lebih baik.

Disinggung terkait rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang meminta Ketua Umum PSSI dan Komite Eksekutif PSSI untuk mundur agar kompetisi sepak bola Indonesia kembali berjalan, Zainudin enggan berbicara banyak. Dia hanya mengatakan menunggu hasil kajian dari tim task force.

"Jadi kami menunggu itu, mudah-mudah tim task force ini segera jalan karena masing-masing sudah mengirimkan wakil. Kita tunggu saja nanti bagaimana hasil dari kajian tim yang sudah terbentuk itu," tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

AFP

Ten Hag Enggan Berkomentar Soal Masa Depan Greenwood

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:57 WIB
PELATIH Manchester United, Erik ten Hag enggan memberikan komentar terhadap masa depan Mason...
AFP

Guardiola Ungkap Alasan Pinjamkan Cancelo Ke Bayern Muenchen

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:56 WIB
PELATIH Manchester City, Pep Guardiola akhirnya mengungkap alasan dirinya melepas Joao Cancelo ke Bayern Muenchen dengan status...
Kirill KUDRYAVTSEV / AFP

Messi Masih Berkeinginan main di Piala Dunia 2026

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:54 WIB
Pelatih Argentina Lionel Scaloni mengungkapkan ia akan senang dengan partisipasi Messi di 2026, dan dinilai masih cocok dan mumpuni untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya