Kamis 21 Juli 2022, 10:15 WIB

Nagelsmann Bingung Barcelona Bisa Beli Banyak Pemain Meski tidak Punya Uang

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Nagelsmann Bingung Barcelona Bisa Beli Banyak Pemain Meski tidak Punya Uang

AFP/Christof STACHE
Manajer Bayern Muenchen Julian Nagelsmann

 

PELATIH Bayern Muenchen Julian Nagelsmann menyindir keras Barcelona dengan mengatakan 'gila' klub La Liga itu mampu membeli beberapa pemain dalam jendela transfer ini, termasuk menarik Robert Lewandowski dari juara Bundesliga tersebut.

Barcelona kesulitan finansial dalam beberapa musim terakhir, tetapi sukses menyegel Lewandowksi yang dua kali dinobatkan pemain terbaik FIFA termasuk tahun ini dalam kesepakatan senilai Rp765 miliar.

Raksasa Catalan itu juga berhasil mendatangkan pemain sayap Brasil Raphinha dari Leeds United senilai 55 juta euro (Rp845 miliar), selain membawa bek tengah Andreas Christensen dan mantan gelandang AC Milan Franck Kessie ke Camp Nou dalam status bebas transfer.

Baca juga: Diperkenalkan Sebagai Pemain Barcelona, Lewandowski Tegaskan Masih Haus Kesuksesan

"Mereka membeli banyak pemain, saya tidak tahu bagaimana caranya," kata Nagelsmann dalam konferensi pers di Washington selama tur pramusim Bayern di Amerika Serikat.

"Ini satu-satunya klub di dunia yang tidak punya uang tetapi mampu membeli pemain apa pun, bagi saya gila banget," sambung dia seperti dikutip AFP, Kamis (21/7).

"Mereka menemukan solusi. Saya tidak bagaimana caranya, tapi ya, mereka memiliki skuat yang lebih baik ketimbang musim lalu."

Namun, presiden klub Bayern Oliver Kahn mengatakan tidak mungkin bisa mengukur kesehatan keuangan klub lain.

"Saya asumsikan Barca mengumpulkan utang yang banyak. Tapi satu-satunya yang tahu angkanya adalah klub itu sendiri,' kata dia.

"Jadi kita harus menahan diri saat memandang subjek itu. Mereka mestinya tahu apa yang mereka lakukan," lanjut Kahn.

Lewandowski, yang kontraknya akan berakhir tahun depan, mengatakan, Mei silam, bahwa "Sudah pasti kisah saya dengan Bayern telah berakhir."

Pemain Polandia berusia 33 tahun itu meninggalkan klub tersebut setelah mencetak 344 gol dalam kurun waktu delapan tahun dan mencetak lebih dari 40 gol dalam tujuh musim berturut-turut.

"Ini kesepakatan yang bagus untuk Bayern," aku Nagelsmann. "Ini sulit. Dia mencetak banyak gol dan merupakan salah satu bintang besar Bayern."

Bayern, yang memenangkan gelar Bundesliga ke-10 berturut-turut musim lalu, telah merekrut pemain depan Senegal Sadio Mane dari Liverpool saat penutupan musim.

Mereka juga menyelesaikan kesepakatan senilai 67 juta euro dengan bek Belanda Matthijs de Ligt dari Juventus dan membawa Ryan Gravenberch dan Noussair Mazraoui ke Allianz Arena.

Ini bukan pertama kalinya Bayern mengkritik Barca.

Juni lalu, mantan presiden klub Uli Hoeness mengecam Barcelona yang tertarik kepada Lewandowski.

"Mereka sepertinya seniman keuangan yang meskipun memiliki utang yang banyak, selalu menemukan bank yang mampu memberi mereka uang agar bisa membuat penawaran semacam itu," kata Hoeness.

Pada Maret 2021, Barcelona mengaku didera utang yang besar, masalah arus kas, dan tagihan gaji yang besar.

Sejak itu, mereka berutang banyak dengan mengambil pinjaman baru dari Goldman Sachs dan menandatangani kesepakatan senilai jutaan euro, terutama dengan raksasa streaming musik Spotify. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Olaf Kraak / ANP

MU Dilaporkan Tertarik Datangkan Gakpo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 04:06 WIB
Apabila betul-betul mendekati Gakpo, United diperkirakan harus membayar 35 juta pound sterling kepada...
AFP

Barcelona Terancam Gagal Daffarkan Kessie dan Christensen karena Ambang Batas Gaji

👤Ant 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:51 WIB
Christensen dan Kessie punya klausul kontrak yang memperbolehkan hengkang jika Barca tidak bisa mendaftarkan pada pekan pertama La...
AFP

Man City Rekrut Sergio Gomez dari Anderlecht

👤AFP 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:40 WIB
Sergio Gomez dianggap sebagai pemain yang akan berkembang oleh Manchester...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya