Selasa 21 Juni 2022, 08:15 WIB

Kasus Hukumnya belum Beres, Giggs Mundur dari Timnas Wales 

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Kasus Hukumnya belum Beres, Giggs Mundur dari Timnas Wales 

AFP/Oli SCARFF
Pelatih timnas Wales Ryan Giggs

 

RYAN Giggs akhirnya menanggalkan jabatan manajer timnas Wales setelah mengumumkan keputusannya itu antara lain didasari agar persiapan Gareth Bale dkk untuk tampil di Piala Dunia 2022 tidak terganggu oleh penangguhan persidangan kasus yang membelitnya.

"Setelah banyak pertimbangan, saya memutuskan mundur dari jabatan saya sebagai manajer timnas Wales, yang berlaku sejak pengumuman ini," kata Giggs dalam pernyataan resmi yang dilansir, Selasa (21/6) WIB.

"Sebuah kehormatan dan hak istimewa bagi saya untuk melatih negara saya, tetapi alangkah baiknya FA Wales, staf pelatih, dan para pemain bisa mempersiapkan turnamen (Piala Dunia) dengan kepastian, klarifikasi, dan tanpa spekulasi terkait posisi pelatih kepala mereka."

Baca juga: Gareth Bale: Wales harus Belajar "Ilmu Hitam" untuk Piala Dunia

"Tidak ada yang bisa disalahkan atas tertangguhkannya penyelesaian kasus saya. Saya tidak ingin persiapan tim untuk Piala Dunia terpengaruh, tidak stabil, atau terancam oleh perhatian yang tersedot di kasus itu," tambahnya.

FA Wales mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima pengunduran diri Giggs.

"FAW menghaturkan terima kasih kepada Ryan Giggs atas kinerja selama masa jabatannya sebagai manajer timnas putra Cymru dan menghargai keputusan yang ditempuh, yang mengutamakan kepentingan terbaik sepak bola Wales," kata FA Wales.

"Fokus FAW dan timnas Wales kini sepenuhnya tercurahkan untuk persiapan Piala Dunia di Qatar akhir tahun ini,"  lanjut asosiasi sepak bola itu.

Giggs masih menjalani proses persidangan kasus perilaku pemaksaan dan serangan terhadap mantan kekasihnya dan adik perempuan tersebut.

Legenda Manchester United itu menolak semua tuduhan tersebut dan masih berada dalam status jaminan. Persidangannya seharusnya dilangsungkan di Pengadilan Manchester Crown Court pada 24 Januari lalu tapi ditangguhkan ke 8 Agustus mendatang.

Ketika menjalani proses hukum, Giggs sempat mundur secara temporer dari jabatannya di timnas Wales pada November 2020, dengan pelatih interim Robert Page sukses mengantarkan negara itu kembali ke putaran final Piala Dunia lagi setelah 64 tahun berkat kemenangan atas Ukraina di laga playoff. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Filippo MONTEFORTE

Bournemouth Pinjam Vina dari AS Roma

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 31 Januari 2023, 09:45 WIB
Vina merupakan pemain keempat yang didatangkan Bournemouth di jendela transfer Januari itu setelah Dango Ouattara, Darren Randolph, dan...
AFP/Pierre-Philippe MARCOU

Pendukung Valladolid yang Lontarkan Ejekan Rasis ke Vinicius akan Dihukum

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 31 Januari 2023, 09:00 WIB
Sejumlah pendukung melontarkan pernyataan rasis ke arah pemain Brasil itu saat Madrid menang 2-0 di kandang Valladolid pada 30 Desember...
AFP/Anne-Christine POUJOULAT

Messi Mengaku Merasa Dipanggil oleh Trofi Piala Dunia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 31 Januari 2023, 08:45 WIB
Messi menjadi juara Piala Dunia setelah tampil di Piala Dunia kelima dan terakhirnya, setelah kalah di final Piala Dunia 2014 dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya