Jumat 06 Mei 2022, 04:41 WIB

Rangers Melaju ke Final Liga Europa

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Rangers Melaju ke Final Liga Europa

AFP/Oli SCARFF
Para pemain Rangers merayakan keberhasilan mereka melaju ke final Liga Europa usai mengalahkan RB Leizpig.

 

RANGERS menampilkan salah satu penampilan terbaik mereka di kompetisi Eropa ketika mengalahkan RB Leizpig 3-1 di laga leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat (6/5) dini hari WIB, untuk melaju ke final dengan kemenangan agregat 3-2.

James Tavernier dan Glen Kamara memupuskan keunggulan Leipzig dari laga leg pertama saat laga baru berlangsung 24 menit saat para pemain dan pendukung Rangers mengenang Jimmy Bell, karyawan Rangers, yang meninggal pada Selasa (3/5).

Christopher Nkuku sempat mencetak gol untuk Leipzig di babak kedua namun John Lundstram mengunci kemenangan Rangers, sembilan menit sebelum laga berakhir.

Baca juga: Rangers tidak Yakin Bisa Mainkan Roofe dan Ramsey di Kandang Leipzig

Di laga final Liga Europa, klub besutan Giovanni van Brockhorst itu akan berhadapan dengan Eintracht Frankfurt, yang menang 1-0 atas West Ham United di laga leg kedua dan lolos ke final dengan keunggulan agregat 3-1.

Laga final Liga Europa akan digelar di Seville pada 18 Mei mendatang.

Ini merupakan penampilan kedua Rangers di final kompetisi Eropa dalam tempo 50 tahun. Juara Liga Skotlandia itu kalah dari Zenit St Petersburg di laga final Piala UEFA pada 2008.

Rangers terdegradasi ke Divisi IV Liga Skotlandia pada 2012 karena klub itu mengalami pailit. Namun, mereka langsung meraih promosi setiap tahunnya dan pada musim lalu mengakhiri dominasi Celtic, yang sembilan kali menjadi juara Liga Skotlandia.

Jika berhasil menang atas Frankfurt di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, 13 hari dari sekarang, Rangers akan tampil untuk pertama kalinya di Liga Champions sejak 2010.

Keunggulan 1-0 Leipzig dari laga leg pertama langsung buyar pada menit 18 lewat aksi Tavernier memanfaatkan umpan silang Ryan Kent. Bek kanan itu, kini, memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga Europa dengan tujuh gol.

Enam menit kemudian, Kamara menggandakan keunggulan Rangers lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Joe Aribo seharusnya membuat kedudukan menjadi 3-0 pada menit 30 namun tendangannya melenceng.

Leipzig, yang hanya kalah sekali dari 19 laga antara Januari dan April, kini menderita tiga kekalahan dalam empat laga terakhir mereka dan peluang mereka lolos ke Liga Champions musim depan terancam.

Klub Bundesliga mendominasi permainan di awal babak kedua dan mereka menyamakan skor agregat lewat aksi Nkunku pada menit 70 yang menyambar umpan silang Angelino. Itu merupoakan gol ke-32 Nkunku untuk Leipzig pada musim ini.

Sepuluh menit sebelum laga berakhir, Rangers mencetak gol yang memastikan kemenangan mereka.

Umpan silang Kent membuat lini belakang Leipzig panik dan bola luar mendarat di kaki Lundstram yang tidak terkawal sebelum dia menjebol gawang Leipzig.

Skor 3-1 untuk kemenangan Rangers bertahan hingga laga usai. Klub Skotlandia itu melaju ke final Liga Europa dengan kemenangan agregat 3-2. (AFP/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/HO/PSSI

PSSI Sebut Hasil Tes Medis Jordi Amat dan Sandy Walsh Bagus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 18 Mei 2022, 10:00 WIB
Jordi dan Sandy mengikuti uji medis di salah satu rumah sakit di Jakarta, Selasa (17/5). Proses itu berlangsung selama sekitar empat...
AFP/ Paul ELLIS

Dituding Homofobia, Gueye dapat Dukungan dari Presiden Senegal

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 18 Mei 2022, 07:15 WIB
Gelandang timnas Senegal itu absen membela PSG di laga Ligue 1 melawan Montpellier, Sabtu (14/5), saat para pemain mengenakan jersey...
AFP/LLUIS GENE

Lindstrom Siap Bela Frankfurt di Final Liga Europa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 18 Mei 2022, 06:30 WIB
Penyerang Denmark itu sudah absen selama tiga pekan akibat cedera hamstring di laga leg pertama semifinal Liga Europa melawan West Ham...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya