Kamis 31 Maret 2022, 21:19 WIB

Liga 1 2021/2022 Sukses Digelar di Tengah Pandemi, Menpora dan Ketua Umum PSSI Mengaku Bahagia 

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Liga 1 2021/2022 Sukses Digelar di Tengah Pandemi, Menpora dan Ketua Umum PSSI Mengaku Bahagia 

Antara/Fikri Yusuf
Pemain Bali United merayakan keberhasilan menjuartai Liga 1 2021/2022

 

KASTA tertinggi kompetisi sepak bola nasional, BRI Liga 1 musim 2021/2022 telah berakhir. Sebanyak 18 klub telah menyelesaikan sekitar 300 pertandingan sejak Agustus 2021. Pada edisi tahun ini, Bali United berhasil mempertahankan gelar juara dengan menempati puncak klasemen. 

Keberhasilan penyelenggaraan BRI Liga 1 musim 2021/2022 tentu menjadi catatan luar biasa bagi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), pasalnya Liga 1 digelar di tengah pandemi covid-19. 

Dalam perjalanannya sepanjang musim, tak ayal BRI Liga 1 2021/2022 pernah di warnai sejumlah kasus infeksi covid-19, yang berimbas pada ditundanya pertandingan. Tak hanya itu, kompetisi sepak bola nasional yang memiliki jutaan penggemar itu juga di gelar dengan tribun stadion yang kosong. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin amali mengungkapkan dirinya tidak menyangka kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 bisa sampai ke pertandingan terakhir (Bali United vs Persik Kediri), Kamis (31/3). Zainudin bahkan menyebutkan kondisi itu membuat dirinya merasa menjadi orang paling bahagia pada malam ini. 

"Malam ini mungkin saya salah satu orang yang bahagia, kenapa, karena kalau kembali mengingat ke belakang di mana kita memulai kompetisi sangat luar biasa tantangannya. Ini satu hal yang tidak mudah, bahkan kita tidak membayangkan  kompetisi Liga 1 ini bisa sampai (pertandingan) terakhir," ucap Zainudin dalam konferensi pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (31/3) malam. 

Zainudin mengungkapkan, mulanya merasa ragu dengan kompetisi ini bisa sampai ke pertandingan akhir, Menurutnya kekompakan dan kerja sama yang baik antara PSSI, PT LIB dan pihaknya berhasil membuat BRI Liga 1 berakhir dengan baik. 

"Kita memulai Liga dengan awali perasaan 'apakah bisa, apakah bisa' karena saat itu kondisi pandemi masih tinggi, disamping itu ada juga sorotan dari berbagai pihak bahwa ini masih seperti ini (pandemi covid-19) kok mau jalan'," tutur Zainudin. 

"Tetapi saya bicara dengan Ketua Umum (PSSI). Ketua umum kita harus sama-sama kita harus kompak, kita hadapi berbagai masalah secara bersama. Alhamdulillah hari ini ternyata keraguan banyak pihak di awal-awal tadi, bisa dibuktikan. Kerja profesional dari teman-teman di PT LIB juga sangat luar biasa," imbuhnya. 

Senada dengan Menpora, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga mengaku sangat bahagia dengan keberhasilan terselanggaranya BRI Liga 1 2021/2022. Menurutnya keberhasilan Liga 1 2021/2022 tidak akan bisa terjadi tanpa dukungan yang luar biasa dari pemerintah. 

Baca juga : Barito Putra Bertahan Di Liga 1, Persipura Degradasi

"Kalau tadi Pak Menpora bilang dia orang paling bahagia, saya lebih bahagia lagi dari Pak Menpora. Kenapa sama, seperti yang beliau katakan, saya tidak menyangka bahwa kompetisi ini akan selesai malam ini. Karena memang disituasi yang membuat banyak orang ragu, tapi kami optimistis," ucap Iriawan. 

"Kami juga berbangga dan berbahagia karena begitu besar dukungan dari pemerintah dalam hal ini Pak Presiden RI dan Pak Menpora kepada kami. karena menurut kami, tidak akan mungkin dapat bergulirnya liga sampai ujungnya kalau mereka tidak mendukung," jelasnya. 

Melihat hasil kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 pada musim ini, tiga klub telah dipastikan terdegradasi ke Liga 2 musim depan mereka adalah Persipura Jayapura, Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh. 

Atas hasil tersebut, dapat dipastikan pada kompetisi Liga 1 musim depan tidak ada klub perwakilan dari ujung barat Indonesia (Persiraja Banda Aceh) dan perwakilan dari klub ujung timur (Persipura Jayapura). 

Setelah dipastikan tiga klub Indonesia pergi, tiga klub Liga 2 pun bersiap naik kasta, yakni Persis Solo, RANS Cilegon FC dan Martapura Dewa United. 

Belum diketahui secara pasti kapan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 akan dimulai. Namun, PSSI dan PT LIB telah memberi sinyal bahwa mereka berencana akan memulai Liga pada Juli Mendatang. 

Bahkan Iriawan mengaku berkeinginan menyelenggarakan kompetisi Liga 1 2022/2023 dengan penonton di tribun stadion, yang kemudian hal itu juga di dukung oleh Menpora. 

"Kita memang berkeinginan ada penonton (musim depan). Nanti pasti akan ada rapat koordinasi, kemudian juga ada pengaturan terkait bagaimana keamanan pertandingannya, tiketnya, kursi penontonnya. Pastinya nanti InsyaAllah ada waktunya Pak Menteri dan kami akan menjelaskan kepada publik," tutur Iriawan. 

"Soal penonton kami menunggu kesiapan dari LIB dan PSSI, kalo memang musim depan sudah disiapkan adanya penonton saya pasti apapun yang diputuskan oleh PSSI saya akan dukung," timpal Zainudin. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Persib Hindari Adu Penalti

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:33 WIB
"Kami harus memastikan besok laga tidak harus diakhiri melalui adu penalti. Kami berusaha menuntaskan laga dalam 90 menit dan melihat...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

PSSI Segera Putuskan Nasib Jordi Amat

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 14:10 WIB
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengaku telah berdiskusi dengan Shin Tae-yong setelah Jordi Amat resmi bergabung ke JDT. Dalam waktu...
AFP/Gkyn Kirk

Lukaku Janji Cetak Banyak Gol di Inter

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 13:27 WIB
Lukaku kembali ke Serie A setelah menjalani satu musim yang mengecewakan bersama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya