Senin 07 Maret 2022, 06:08 WIB

Kapten yang Antar Lazio Raih Gelar Serie A Pertama Tutup Usia

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Kapten yang Antar Lazio Raih Gelar Serie A Pertama Tutup Usia

Twitter @OfficialSSLazio
Pino Wilson

 

PINO Wilson, kapten Lazio yang mengantarkan klub itu meraih gelar Serie A pertama mereka, meninggal dunia di usia 76 tahun. Hal itu diungkapkan klub Serie A itu, Minggu (6/3).

Pemain belakang itu mengantarkan Lazio meraih scudetto pada 1974.

"Bersatu kita menjadi juara. Selamat tinggal Pino, kapten kami. Sejarah mempersatukan kita selamanya," ujar Lazio dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Kalahkan Napoli, AC Milan Puncaki Klasemen Serie A

Lahir di Darlington Inggris, pria bernama asli Giuseppe Wilson itu hijrah ke Naples saat masih bayi dan kemudian bermain untuk klub Internapoli di liga lokal pada pertengahan 1960-an.

Dia kemudian bergabung dengan Lazio pada 1969, mengantarkan klub asal ibu kota Italia itu meraih promosi ke Serie A pada 1972 dan dua tahun kemudian menjadi scudetto, mengungguli Juventus dengan selisih dua poin.

Kala itu, Lazio dipandang sebagai komplotan bandit. Rekan setim Wilson, Re Cecconi, ditembak mati di sebuah toko perhiasan di Roma pada 1977 dalam apa yang mereka sebut sebagai lelucon yang kebabalasan.

Menuryt laporan polisi, Cecconi memasuki toko, yang beberapa hari sebelumnya disatroni maling, berpura-pura sebagai penjahat dengan rekan setimnya Pietro Ghedin. Dia malahkan tewas setelah ditembak oleh pemilik toko.

Wilson juga tidak bebas dari kontroversi, Pada 1980, dia tersangkut skandal Totonero yang menyebabkan Lazio dan AC Milan didegradasi dari Serie A.

Wilson diskors selama tiga tahun bersama rekan setimnya Massimo Cacciatori, Bruno Giordano, dan Lionello Manfredonia akibat skandal itu.

Wilson sempat tiga kali memperkuat timnas Italia, termasuk dua kali di Piala Dunia 1974. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Twitter PSM_Makassar

PSM Makassar Lolos, Bali United Menunggu Hasil Tim Lain

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:02 WIB
Nasib Bali United masih harus ditentukan oleh laga antara Kedah FC vs Visakha FC yang bermain malam...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Persib Hindari Adu Penalti

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:33 WIB
"Kami harus memastikan besok laga tidak harus diakhiri melalui adu penalti. Kami berusaha menuntaskan laga dalam 90 menit dan melihat...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

PSSI Segera Putuskan Nasib Jordi Amat

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 14:10 WIB
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengaku telah berdiskusi dengan Shin Tae-yong setelah Jordi Amat resmi bergabung ke JDT. Dalam waktu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya