Kamis 10 Februari 2022, 18:17 WIB

Pemerintah Percepat Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Pemerintah Percepat Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menpora Zainudin Amali

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali akan mempercepat proses naturalisasi dua pemain keturunan yang akan membela tim nasional Indonesia. Kedua pemain yang sudah masuk dokumen persyaratannya adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

"Nanti tergantung dari kelengkapan administrasi. Nanti itu prosesnya akan Kemenkumham, Sekretariat Negara lalu ke Presiden sampai mereka di sumpah. InsyaAllah bisa cepat. Tapi karena kebutuhannya mendesak maka saya akan bisa percepat lagi namun saya tidak berani mengatakan waktunya," kata Zainudin Amali usai pertemuan bersama PSSI dan Pelatih Tim Nasional Shin Tae-yong di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (10/2).

Zainudin menerangkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menekankan soal kualitas pemain sehingga tak sekadar naturalisasi pemain dari Eropa.

Dalam proses naturalisasi ini, pemerintah membantu PSSI dalam hal administrasi. Namun, federasi juga punya kewajiban untuk memeriksa seluk beluk dan garis keturunan para pemain. Sementara itu, terkait urusan teknis akan menjadi tanggung jawab Shin Tae-yong.

''Secara teknis itu (naturalisasi pemain) adalah rekomendasi dari Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang tanggung jawab secara administrasi adalah federasi,'' jelas Zainudin.

"Pemerintah akan membantu proses administrasi, tetapi yang menyiapkan administrasi adalah federasi, juga mencari tahu menelusuri secara administrasi, benar atau tidak mereka berdarah Indonesia. Itu menjadi tugas federasi," lanjut Zainudin.

Baca juga: PSSI Berharap Empat Pemain Naturalisasi Segera Perkuat Timnas

Shin Tae-yong, menginginkan PSSI untuk menaturalisasi beberapa pemain keturunan yang ada di Eropa. Ada empat nama yang diajukan sejauh ini yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers dan Kevin Diks. Dua nama yang disebut di awal sudah melengkapi dokumen yang sudah diteruskan PSSI ke Kemenpora.

Proses terkait program naturalisasi itu pun sejauh ini menunjukkan perkembangan signifikan. Para pemain telah dikontak langsung oleh PSSI.

"Ya saya rekomendasikan pemain tersebut karena masing-masing mereka punya kans menjadi pemain utama dan performanya juga sangat bagus dan luar biasa. Secara pribadi saya merasa mereka akan sangat membantu Timnas Indonesia dan sepak bola Indonesia juga," kata Shin Tae-yong. (OL-5)

Baca Juga

Twitter @BorneoSMR

Borneo FC Jumpa PSS Sleman di Semifinal Piala Presiden

👤Ant 🕔Minggu 03 Juli 2022, 23:43 WIB
Borneo FC berhasil mengalahkan PSM Makassar dengan skor...
Antara

PSIS Tantang Arema di Semifinal Piala Presiden

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 03 Juli 2022, 21:22 WIB
Pada leg pertama Kamis (7/7), PSIS akan memainkan laga...
Twitter @psisofficial

Kalahkan Bhayangkara FC, PSIS Melaju ke Semifinal Piala Presiden 2022

👤Ant 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:56 WIB
Pertandingan kedua tim berakhir dengan drama adu penalti setelah selama 2X45 menit berakhir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya