Minggu 30 Januari 2022, 11:08 WIB

Gol Tunggal Dango Outtara Bawa Burkina Faso ke Semifinal Piala Afrika

Ilham Ananditya | Sepak Bola
Gol Tunggal Dango Outtara Bawa Burkina Faso ke Semifinal Piala Afrika

Daniel BELOUMOU OLOMO / AFP
Bek Burkina Faso, Issa Kabore (kiri) bersuaha menjegal langkah Tunisia Ali Maalou (kanan) pada laga perempat final Piala Afrika 2021.

 

GOL semata wayang Dango Outtara ke gawang Tunisia, membawa Burkina Faso lolos menuju semifinal Piala Afrika (AFCON) 2021 dalam laga perempat final di Stadion Roumde Adjia, Kamerun, pada Sabtu (29/1) malam waktu setempat.

Lewat asis yang diberikan Blati Toure, Outtara berhasil mencetak gol di penutupan akhir paruh pertama (45+3') dengan tendangan kaki kirinya.

Namun sayangnya Outtara tidak dapat menggandakan lagi gol atas nama dirinya, usai mendapat akumulasi kartu kuning pada menit ke-83. Dirinya harus diusir dari lapangan usai menyikut pemain Tunisia Ali Maaloul.

"Saya menjadi sangat emosional. Perkenankan saya untuk mendedikasikan kemenangan ini untuk masyarakat kita di luar sana yang sedang berjuang," singgung pelatih Burkina Faso Kamou Malo soal kudeta militer Afrika Barat.

"Masyarakat Burkinabe akan selalu bangkit, sama seperti tim bola kami. Kami berjuang keras untuk hari ini dan menginginkan tampil maksimal dalam kompetisi ini," sambungnya.

Baca juga: Mesir Lolos Ke Perempat Final Piala Afrika Usai Menang Adu Penalti

Melihat kondisi lawan dengan 10 pemain, Tunisia sebagai kampiun edisi 2004 semakin terdorong untuk menyamakan kedudukan.

Hampir tak ada peluang tercipta hingga peluit akhir dibunyikan. Hal ini mengunci kemenangan manis bagi Burkina Faso untuk melangkah ke semifinal.

"Tunisia kembali dengan tekad lebih besar setelah turun minum saat mencari peluang gol. Pemain pengganti Tunisia Ali Maaloul mencoba melakukan serangan dan membuka peluang dari tendangan bebas (69').

Tetapi kiper Burkina Faso Kouakaou Koffi melakukan penyelamatan apik," mengutip jalannya pertandingan dari laman resmi AFCON.

Sudah ada dua tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak semifinal, yakni Burkina Faso dan Kamerun. Bagi Burkina Faso sendiri, mereka tinggal menunggu pemenang dari laga kontra Senegal dan Guinea Ekuitorial pada Minggu (30/1) malam waktu setempat.

Keraguan pemain bintang Senegal, Sadio Mane masih dipertanyakan. Usai mendapat konfirmasi dugaan gegar otak dalam kemenangan babak 16 besar atas Cape Verde. (And/AFP/OL-09)

Baca Juga

 AFP/DOUGLAS MAGNO

Casemiro Disebut Makin Mendekat Ke Old Trafford

👤Widhoroso 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:50 WIB
MANCHESTER United pede akan bisa memboyong bintang Real Madrid, Casemiro ke Old Trafford sebelum date line bursa transfer awal musim ini...
AFP

Manchester City Pinjamkan Liam Delap Ke Stoke City

👤Widhoroso 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:34 WIB
MANCHESTER City meminjamkan bintang muda mereka, Liam Delap ke klub Divisi Championship, Stoke City. Delap akan berkostum Stoke selama...
AFP

Morgan Gibbs-White Segera Tuntaskan Transfer ke Forest

👤Ant 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:16 WIB
Nottingham Forest dilaporkan menyetujui kesepakatan senilai 42.5 juta pounds atau sekitar Rp750 miliar untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya