Rabu 05 Januari 2022, 06:15 WIB

Southampton Dibeli Miliarder Serbia

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Southampton Dibeli Miliarder Serbia

Twitter @SouthamptonFC
Stadion kandang Southampton, St Mary's

 

PERUSAHAAN investasi Sport Republic, yang didukung miliarder Serbia Dragan Solak telah menyelesaikan akuisisi 80% saham Southampton. Hal itu diungkapkan klub Liga Primer Inggris itu, Selasa (4/1).

Solak, yang memiliki perusahaan telekomunikasi United Group, mengakuisisi Southampton dalam kesepakatan senilai 100 juta pound sterling (sekitar Rp1,9 triliun) dari pengusaha Tiongkok Gao Jisheng, yang membeli 80% saham the Saints pada Agustus 2017.

"Selama dua tahun terakhir, bersama dengan para pemegang saham klub, kami sudah mencari-cari mitra yang tepat untuk memajukan klub ini. Hari ini kami telah menemukan solusi sempurna untuk klub kami," kata CEO Southampton Martin Semmens.

Baca juga: Tuchel Kembali Masukan Lukaku dalam Skuat Chelsea

"Sport Republic adalah investor berpengalaman, tetapi juga berpengalaman dalam dunia olahraga profesional elite. Perpaduan itu sangat sulit ditemukan dan kami senang telah mencapai kesepakatan yang mengamankan masa depan jangka pendek dan jangka panjang kami," lanjutnya.

Katharina Liebherr, yang mewarisi Southampton dari mendiang ayahnya, Markus, pada 2010 ketika klub itu masih di divisi tiga League One, akan terus mempertahankan 20% sahamnya.

Sport Republic adalah perusahaan berbasis di London yang bergerak dalam industri olahraga dan hiburan yang saham mayoritasnya dimiliki Solak.

Portofolio perusahaan ini termasuk Tonsser yang merupakan sebuah aplikasi sepak bola yang dirancang untuk pemain muda guna meningkatkan performanya.

"Southampton memiliki begitu banyak kualitas yang kami cari dalam sebuah organisasi olahraga besar. Klub ini memiliki tim manajemen yang hebat, pengembangan bakat yang luar biasa, tim berbakat yang memainkan sepak bola atraktif, dan basis penggemar yang setia," kata Solak.

Akuisisi ini merupakan investasi besar ketiga di klub Liga Primer Inggris dalam waktu beberapa bulan setelah miliarder Rep Ceko Daniel Kretinsky mengakuisisi saham West Ham United pada November dan konsorsium dukungan Arab Saudi membeli Newcastle United pada Oktober.

Southampton menduduki urutan ke-14 klasemen Liga Primer Inggris dengan raihan 21 poin dari 19 pertandingan. 

Mereka akan bertandang ke markas tim divisi dua Swansea City pada putaran ketiga Piala FA, akhir pekan ini. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Glyn KIRK / AFP

Era Boehly Datang, Chelsea akan Bangun Kembali Skuad

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:21 WIB
Era baru Chelsea setelah Roman Abramovich akan segera dimulai. Pemerintah Inggris dan Liga Primer akhirnya menyetujui penawaran oleh...
AFP/Gent Shkullaku

Mourinho Pastikan Bertahan di AS Roma pada Musim Depan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 12:45 WIB
Mourinho lanjut mengatakan, setelah menjuarai Liga Konfernesi UEFA, dirinya akan menyusun apa target dari AS Roma pada musim depan dan...
AFP/OZAN KOSE

Pelatih Feyenoord Mengaku Kurang Beruntung di Laga Final Liga Konferensi UEFA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 12:30 WIB
Slot menjelaskan, di babak pertama, Feyenoord cukup menguasai pertandingan, namun mereka memiliki masalah soal keputusan yang dibuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya