Kamis 30 Desember 2021, 09:30 WIB

Iran Bela Mantan Kapten Timnas yang Dikecam Terkait Jersey Berbendera Israel

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Iran Bela Mantan Kapten Timnas yang Dikecam Terkait Jersey Berbendera Israel

tehrantimes.com
Mantan kapten Iran Mehdi Mahdavikia (depan ketiga dari kiri) berpose saat ambil bagian dalam laga persahabatan di Doha, 17 Desember lalu.

 

FEDERASI Sepak Bola Iran, Rabu (29/12), membela mantan kapten timnas Mehdi Mahdavikia setelah dia dikecam karena mengenakan jersey yang menampilkan bendera Israel dalam sebuah laga persahabatan.

"Dia adalah salag satu legenda sepak bola Iran dansimbol kebanggaan Republik Islam Iran," tegas Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Iran Hassan Kamranifar dalam sebuah pernyataan resmi.

Politisi ultrakonservatif Iran mengecam mantan pemain itu setelah dia mengenakan jersey yang menampilkan semua bendera negara anggota FIFA, termasuk Israel, dalam sebuah laga persahabatan di Qatar pada 17 Desember.

Baca juga: Setahun Setelah Diego Maradona Berpulang, Hugo Susul Sang Kakak

Iran tidak mengakui keberadaan negara Israel dan melarang atlet mereka melakukan kontak dengan atlet dari 'Negeri Zionis' itu.

"Mahdavakia harus meminta maaf kepada warga Iran atas aksinya dan harus diadili karena mengkhianati Iran," seru anggota parlemen Iran Bijan Nobaveh-Vatan.

Namun,. Kamranifar mengatakan Mahdavikia telah mengatasi masalah itu dengan baik.

Mantan pemain berusia 44 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih timnas Iran U23, Juli lalu.

Dia telah tampil 111 kali untuk timnas Iran dan mencetak gol saat Iran membukukan kemenangan bersejarah 2-1 atas Amerika Serikat di Piala Dunia 1998.

Pemain Terbaik Asia 2003 itu merupakan kapten timnas Iran antara 2006 dan 2009. Dia menghabiskan mayoritas kariernya di Eropa, mayoritas bersama klub Bundesliga, Hamburg SV. (AFP/OL-1)
 

Baca Juga

AFP

Aubameyang Masuk Bidikan Chelsea

👤Widhoroso 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:10 WIB
CHELSEA saat ini masih mencari tambahan pemain lini depan alias striker baru. Nama Pierre-Emerick Aubameyang dari Barcelona menjadi salah...
Antara

Persik Kediri Incar Kemenangan Perdana di Liga 1 2022/2023

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:05 WIB
Tim berjulukan Macan Putih menjadi satu dari lima tim yang belum meraih poin penuh musim ini. Persik Kediri baru meraih 1 poin dari hasil...
AFP

Willian Tertarik Kembali Merumput di Inggris Bersama Fulham

👤Ant 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:20 WIB
Di Liga Inggris, Willian dapat mencetak 38 gol dan 38 assists dari 259...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya