Rabu 08 Desember 2021, 19:08 WIB

Evan Dimas Ditunjuk Jadi Kapten Baru Timnas di AFF

Ant | Sepak Bola
Evan Dimas Ditunjuk Jadi Kapten Baru Timnas di AFF

Antara
Evan Dimas

 

PELATIH tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menyatakan gelandang klub Bhayangkara FC Evan Dimas akan menjabat sebagai kapten skuad "Garuda" di Piala AFF 2020.

"Kapten tim ini adalah Evan Dimas dan wakil kapten Asnawi (Asnawi Mangkualam Bahar)," ujar Shin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu (8/12).

Shin menegaskan tak ada keraguan dalam dirinya menunjuk Evan sebagai kapten meski hal tersebut akan menjadi yang perdana bagi pesepak bola berusia 26 tahun itu di Piala AFF. Evan Dimas sudah ditetapkan sebagai kapten timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong saat berkompetisi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dari sisi pengalaman, Evan bisa dikatakan menjadi sosok dengan jam terbang tertinggi di skuad "Garuda" saat ini. Dia sudah tampil untuk timnas Indonesia sejak Piala AFF 2014, memperkuat timnas di SEA Games 2015, 2017 dan 2019 serta membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013.

Evan juga tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia U-22 dan berbagai turnamen internasional lain. Shin Tae-yong pun mantap dengan pilihannya menugaskan Asnawi, yang baru berumur 22 tahun, untuk mendampingi Evan.

Padahal, dalam skuad timnas Indonesia di Piala AFF 2020, ada beberapa pemain yang lebih senior dari pada mereka berdua, sebut saja Fachruddin Aryanto (32 tahun) dan Victor Igbonefo (36 tahun).

Sang juru taktik asal Korea Selatan itu memang memercayakan banyak pemain muda di Piala AFF 2020. Dari 30 pemain yang dipanggilnya, setengah di antaranya berusia di bawah 23 tahun. "Saya mau mengganti generasi tim nasional Indonesia. Dan dalam prosesnya, saya merasa para pemain menunjukkan perkembangan yang semakin baik, dari segi mental maupun pengalaman," tutur Shin.

Di Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura, Indonesia bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos. Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja, Kamis (9/12), di Stadion Bishan, Singapura.

Grup B Piala AFF 2020 sendiri sudah melangsungkan dua pertandingan, yaitu Malaysia kontra Kamboja dan Vietnam versus Laos. Malaysia menang dengan skor 3-1 dan Vietnam menaklukkan lawannya 2-0.

Malaysia pun menjadi pemimpin klasemen sementara Grup B, lalu disusul Vietnam. Adapun posisi terbawah dihuni Laos. Di atasnya ada Kamboja dan, satu-satunya tim yang belum berlaga di grup itu, Indonesia. (OL-8)

Baca Juga

AFP/Thomas Samson

1 Gol dalam Laga Lawan Reims Jadi Titik Balik Sergio Ramos

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 24 Januari 2022, 12:30 WIB
Ramos berharap gol ini menjadi titik balik setelah dirinya mengalami masa-masa sulit pada awal...
AFP/Oli SCARFF

Tuchel Sebut Kemenangan Atas Spurs Dongkrak Mental Pemain Chelsea

👤 Akmal Fauzi 🕔Senin 24 Januari 2022, 12:22 WIB
Sebelum tampil di laga itu, The Blues berada dalam tren negatif usai menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang di dua laga...
AFP/Alberto PIZZOLI

Pioli Waswas Kegagalan AC Milan Musim Lalu Terulang

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 24 Januari 2022, 12:17 WIB
AC Milan, saat ini, berada di posisi ketiga dengan 49 poin, sama dengan Napoli yang unggul agresivitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya