Minggu 14 November 2021, 23:25 WIB

Onana Cemerlang Setelah Bebas dari Sanksi Doping

Ant | Sepak Bola
Onana Cemerlang Setelah Bebas dari Sanksi Doping

AFP
Andre Onana

 

ANDRE  Onana kembali meraih kesuksesan setelah terlepas dari skorsing panjang akibat melanggar doping saat ia mempertahankan clean sheet bagi Kamerun dalam kualifikasi Piala Dunia pada akhir pekan ini. Kemenangan Kamerun 4-0 atas Malawi di Johannesburg pada Sabtu (13/11) adalah pertandingan pertama bagi kiper berusia 25 tahun itu sejak Januari, ketika ia mendapat larangan satu tahun oleh badan sepak bola Eropa UEFA karena melanggar aturan doping.

Namun Pengadilan Arbitrase Olahraga mengurangi skorsingnya menjadi sembilan bulan setelah banding. Hasil pertandingan itu menjadi sangat penting untuk menjaga asa Kamerun lolos ke putaran final tahun depan di Qatar.

Onana akan menjadi lebih sibuk pada Selasa ketika Kamerun bertemu Pantai Gading dalam kualifikasi Grup D yang menentukan di Yaounde. Tim Singa Gigih harus memenangi pertandingan kandang tersebut atau Pantai Gading akan maju ke babak terakhir kualifikasi Afrika pada Maret, memberikan pukulan besar bagi Kamerun saat mereka siap menjadi tuan rumah putaran final Piala Afrika pada Januari.

Onana telah dinilai termasuk talenta kiper top sepak bola, dan pelatih Kamerun Toni Conceicao tidak ragu memilihnya untuk bermain meskipun berisiko karena kurang latihan. Larangan bermainnya berakhir pada 4 November dan dia diizinkan untuk melanjutkan pelatihan tim utama di Ajax Amsterdam pada September, tetapi klub menempatkan dia dalam skuad cadangan mereka untuk mengantisipasi kepergiannya.

Onana diperkirakan akan pindah pada Januari ke Inter Milan, menurut laporan media Italia, enam bulan sebelum akhir kontraknya di Ajax, yang mengatakan mereka hanya akan menggunakannya sebagai cadangan untuk Remko Pasveer yang berusia 38 tahun.

Onana dinyatakan positif menggunakan zat terlarang furosemide dalam urinnya setelah pemeriksaan di luar kompetisi pada Oktober tahun lalu. Dia menjelaskan bahwa dia secara tidak sengaja meminum pil yang mengandung zat itu setelah mengira obat istrinya adalah aspirin, dan atas dasar argumen itulah larangannya dikurangi tiga bulan. (OL-8)

Baca Juga

AFP/Alberto PIZZOLI

Pelatih Inter Milan Positif Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 08:37 WIB
"Pelatih berusia 45 tahun itu positif covid-19 pada Senin (24/1). Dia akan menjalani protokol kesehatan sesuai petunjuk...
ANTARA/HO/Humas PSSI

Pelatih Sebut Timnas Putri Menyerah dari Thailand karena Kalah Mental

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:45 WIB
"Kebanyakan dari mereka memang tidak pernah menghadapi pertandingan internasional seperti ini. Saya pikir kami mesti terus...
AFP/KENZO TRIBOUILLARD

Kamerun Harus Bekerja Keras untuk Kalahkan Comoros

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 05:08 WIB
Padahal, Comoros memainkan bek sebagai penjaga gawang setelah du kiper mereka dinyatakan positif covid-19 sementara penjaga gawang lainnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya