Rabu 20 Oktober 2021, 17:53 WIB

Sembilan Klub Liga 1 Raih Lisensi Profesional Dari AFC

Widhoroso | Sepak Bola
Sembilan Klub Liga 1 Raih Lisensi Profesional Dari AFC

ANTARA
PSSI

 

PERSATUAN Sepak Bola Indonesia (PSSI) telah melakukan verifikasi untuk klub Liga 1 untuk mendapatkan lisensi klub profesional. Komite Lisensi Klub kini mewajibkan klub Liga 1 mengejar lisensi sesuai standar AFC dan juga Nasional.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sudah dipastikan bahwa tidak semua klub Liga 1 sanggup memenuhi standar dari klub profesional AFC. Dari 18 tim peserta kompetisi kasta teratas Indonesia, PSSI mengumumkan hanya sembilan klub yang dapat lisensi.

Kesembilan klub yang sudah dipastikan mendapat lisensi tersebut antara lain Arema FC, Bali United FC, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.

Yang mengecewakan, persoalan lisensi ini sepertinya masih belum menjadi prioritas klub-klub di Indonesia untuk memiliki standar yang sesuai dengan AFC, atau bahkan Nasional. Itu karena, ada klub yang tidak berupaya untuk memberikan dokumen syarat untuk mendapatkan lisensi.

"Ada beberapa klub yang sama sekali memang tidak melakukan submit dokumen yang diperlukan. Kami berharap ke depannya semua klub memiliki kepedulian yang sama untuk dapat memaksimalkan untuk lolos di lisensi AFC," ujar ketua Komite Lisensi Klub Timmy Setiawan.

"Keputusan ini kami lakukan secara kolektif kolegial, dan tantangan ke depannya semua ada jejak digital, termasuk dokumen yang diupload dan disubmit seluruhnya sudah serba digital. Semoga ke depannya proses dan klub yang lulus akan bertambah," sambung Timmy.

Danurwindo, Asep Saputra, Yakub Adi Kristanto, Alexander Tjahyadi, Head of Legal PSSI Lexyndo Hakim dan staf lainnya, merupakan bagian dari Komite Lisensi Klub ini. Putri Utomo, sebagai manajer Komite Klub Lisensi, mengapresiasi klub Liga 1 yang berusaha mendapatkan lisensi ini.

Menurut Putri, klub-klub yang sudah lolos verifikasi, sebelumnya sudah melalui tahap verifikasi faktual, dan juga sudah menyerahkan dokumen sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, seperti aspek sporting, infrastruktur, personnel & administrative, legal, dan finance.

"PSSI mengucapkan terima kasih kepada seluruh klub Liga 1 yang memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk tetap berusaha memenuhi persyaratan lisensi klub tahun ini. Walaupun di masa pandemi dan sepakbola kompetisi baru dimulai kembali, proses ini harus tetap dijalankan  sesuai dengan amanat AFC demi menjaga nama Indonesia di kancah kompetisi klub sepakbola Asia," jelasnya.

Baca Juga

AFP/PAUL FAITH

Mancini Cemas Lihat Hasil Undian Playoff Piala Dunia

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:53 WIB
Italia dan Portugal menempati path C sehingga hanya satu dari mereka yang akan melaju ke Piala Dunia...
AFP/JORGE DURAN

Keluarga Sebut Maradona Ingin Dibangunkan Mousoleum

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 08:30 WIB
Keluarga mengatakan telah meminta pemerintah Buenos Aires agar membantu mereka menyediakan lahan untuk membangun Maradona Memorial  di...
AFP/Ammar Abd RABBO / Qatar Museum

Infantino Tuding Penentang Perubahan pada Piala Dunia Penakut

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 08:00 WIB
FIFA berencana untuk mengubah perhelatan Piala Dunia dari setiap empat tahun menjadi dua tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya