Senin 04 Oktober 2021, 11:39 WIB

FIFA Sambut Pelonggaran Karantina untuk Pemain Klub Inggris

Basuki Eka Purnama, Ilham Ananditya | Sepak Bola
FIFA Sambut Pelonggaran Karantina untuk Pemain Klub Inggris

AFP/MICHAEL BUHOLZER
Logo FIFA terlihat di markas besar Badan Sepak Bola Dunia itu di Zurich.

 

FIFA, Minggu (3/10), menyambut pelonggaran aturan karantina yang membuat para pemain yang merumput di Liga Primer Inggris bisa membela negara mereka meski negara itu berada dalam daftar merah pemerintah Inggris.

Sejumlah pemain asal Amerika Selatan dan Afrika tidak dilepas oleh klub mereka di jeda internasional, September lalu, karena mereka harus menjalani karantina selama 10 hari saat kembali ke Inggris berdasarkan aturan yang berlaku.

Pengecualian itu hanya berlaku bagi pemain yang telah divaksin penuh dan pemain masih harus menjalani karantina di hotel atau rumah yang disediakan oleh klub.

Baca juga: Cedera, Immobile Absen Bela Italia di Semifinal Liga Negara UEFA

Namun, mereka diizinkan ke luar dari lokasi isolasi sebanyak sekali sehari untuk bertanding atau berlatih.

"FIFA menyambut keputusan pemerintah Inggris yang mengizinkan pemain yang telah divaksin penuh kesempatan membela negara mereka di laga kualifikasi Piala Dunia berikutnya dan kembali dari negara daftar merah dengan aturan karantina khusus," ujar FIFA dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kami telah bekerja sama dengan pemerintah Inggris, Asosiasi Sepak Bola Inggris, dan Liga Primer Inggris untuk mencari solusi yang bisa diterima oleh semua pihak. Kami merasa ini merupakan solusi yang lebih baik ketimbang situasi pada September lalu," lanjut FIFA.

Meski begitu aturan baru itu tetap dikritik oleh klub yang menggarisbawahi pengaruh terhadap mental pemain yang dipaksa tidak bisa bertemu keluarga mereka selama tiga pekan.

"Para pemain akan membela timnas mereka selama 10-12 hari. Mereka kemudian akan menjalani10 hari dalam karantina. Itu berarti 22 hari dan dua minggu kemudian akan ada jeda internasional lagi," kecam pelatih Liverpool Juergen Klopp.

"Tidak pantas kita memindahkan tanggung jawab kepda para pemain. Jika Anda mau melakukannya, silahkan, Jika, tidak, saya minta kamu di sini saja," lanjutnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Kenzo Tribouillard

Antony Semakin Kuat Merapat ke Manchester United

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:30 WIB
Antony semakin menguatkan spekulasi bergabung dengan Manchester United (MU) setelah absen dalam latihan pramusim pertama Ajax...
AFP

Gareth Bale Pastikan Menuju Los Angeles FC

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:10 WIB
Bintang sepak bola Wales Gareth Bale memastikan akan menuju Los Angeles FC (LAFC) di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat via...
Oli SCARFF / AFP

Pendukung MU Marah, Keluarga Glazer Terima Deviden saat Gagal Lolos Liga Champions

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 07:00 WIB
Pembayaran dividen yang diberikan kepada pemilik Manchester United (MU), keluarga Glazer, membuat pendukung klub ini marah dan mengecamnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya