Rabu 04 Agustus 2021, 04:10 WIB

PT LIB Belum Pastikan Kick Off Liga 1 2021-2022

Widhoroso | Sepak Bola
PT LIB Belum Pastikan Kick Off Liga 1 2021-2022

ANTARA
PT Liga Indonesia Baru

 

KENDATI PSSI telah menyatakan Liga 1 musim 2021-2022 akan dimulai pada 20 Agustus mendatang, operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum bisa memastikan waktu kick-off. PT LIB menyatakan butuh masukan dari klub.

Sebelumnya, Sekjen PSSI Yunus Nusi menyatakan Liga 1 akan dimulai pada 20 Agustus, Hal itu didapat setelah induk organisasi sepakbola nasional ini melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak terkait untuk menggelar kompetisi kasta tertinggi antarklub di Indonesia itu di tengah pandemi Covid-19.

Namun, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kick-off kompetisi dilakukan 20 Agustus. Hal ini terjadi setelah sejumlah klub meliburkan pemain akibat penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Beberapa klub sempat meminta PT LIB untuk menggelar kompetisi satu bulan setelah mereka memulai latihan bersama lagi sebagai persiapan tim. Jika ini diterapkan, Liga 1 kemungkinan baru bisa digelar awal September mengingat PPKM Level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus.

"Untuk LIB, pada dasarnya kami sudah siap menggelar Liga 1. Kami sudah menyiapkan perangkat, logistik, dan jadwal Liga 1," tegas Akhmad.

"Semuanya kembali ke klub sebagai kontestan. Kalau ternyata belum siap, nanti permintaan tanggal berapa akan kami putuskan. Kami akan mengadakan rapat dengan klub pada Rabu (4/8)," tambahnya.

PT LIB juga meminta klub disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan saat Liga 1 digulirkan karena dijadikan acuan untuk menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Sepakbola menjadi kompetisi kedua yang digelar di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Indonesia Basketball League (IBL) digelar secara terpusat pada Maret lalu di kawasan Cisarua, Bogor. Berbeda dengan IBL, Liga 1 akan dihelat di beberapa kota meski menggunakan sistem gelembung.

Akhmad mengatakan pihaknya akan menambah sejumlah detail di protokol kesehatan yang wajib dilakukan klub. Satgas Covid-19 Liga 1 dan 2 tidak segan memberikan sanksi bila ada klub yang melanggar protokol itu.

"Ada detail-detail yang ditambahkan dalam protokol kesehatan tersebut yang menuntut kedisiplinan semua pihak, termasuk pemain dan kami sendiri. Itulah memang yang diharapkan oleh pemerintah yang juga ingin pelaksanaan liga menjadi acuan untuk PON nanti," jelasnya. (Goal/OL-15)
  

Baca Juga

MI/Seno

Persembahan Gerrard untuk Liverpool

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:10 WIB
Persembahan Gerrard untuk...
 AFP/Paul ELLIS

Takut Diteror Pendukung Setan Merah, Pogba Batal Membelot ke Manchester City

👤Widhoroso 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:39 WIB
GELANDANG Prancis, Paul Pogba ternyata sempat sepakat bergabung dengan Manchester City sebelum akhirnya berubah...
AFP/Paul ELLIS

Mohamed Salah Dan Son Heung-min Berebut Sepatu Emas

👤Widhoroso 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:31 WIB
Persaingan dalam perebutan trofi sepatu emas alias pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris musim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya