Rabu 19 Mei 2021, 05:22 WIB

Leeds Menang di Markas Southampton

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Leeds Menang di Markas Southampton

Twitter @LUFC
Pemain Leeds United Tyler Roberts melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton di laga Liga Primer Inggris.

 

LEEDS United meraih rekor kemenangan tandang selepas menaklukkan Southampton 2-0 dalam laga pekan ke-37 Liga Primer Inggris di Stadion St Mary's, Rabu (19/5) dini hari WIB.

Gol yang dicetak Patrick Bamford dan Tyler Roberts memastikan Leeds, untuk pertama kalinya, meraih 10 kemenangan tandang dalam semusim di era Liga Primer Inggris.

Leeds juga menghidupkan peluang menembus zona kualifikasi Eropa, sebab tim besutan Marcelo Bielsa itu kini naik ke urutan kedelapan klasemen
dengan koleksi 56 poin, hanya tertinggal tiga poin dari Tottenham Hotspur dan West Ham United.

Baca juga: MU Ditahan Imbang Fulham di Old Trafford

Sedangkan, bagi Southampton (43), yang menutup catatan kandang musim ini dengan delapan kemenangan, tiga hasil imbang dan delapan kekalahan, tidak beranjak dari urutan ke-14 klasemen.

Tuan rumah sebetulnya tampil relatif bagus di babak pertama, menciptakan dua peluang berbahaya lewat Che Adams yang memaksa kiper Kiko Casilla melakukan penyelamatan gemilang.

Sebaliknya, Leeds menciptakan satu kesempatan bagus pada menit ke-24 hanya untuk berakhir dengan sepakan buruk Stuart Dallas di muka gawang.

Southampton mengawali babak kedua dengan sama baiknya, tetapi eksekusi tendangan bebas James Ward-Prowse yang sudah melewati pagar hidup berakhir membentur mistar gawang.

Leeds balik mengancam lewat sepakan Dallas yang ditepis kiper Alex McCarthy dan penyelamatan lain dari penjaga gawang Southampton atas sepakan sudut sempit Bamford.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-73 saat Rodrigo Moreno mengirimkan umpan terobosan apik yang diselesaikan dengan cermat oleh Bamford mengolongi McCarthy.

Wasit Peter Bankes sempat berkonsultasi panjang dengan VAR atas dugaan offside sebelum mengesahkan gol yang membawa tim tamu memimpin serta membuat Bamford jadi pemain Leeds keempat yang mencetak 10 gol tandang dalam semusim di era Liga Primer Inggris setelah Jimmy Floyd Hasselbaink pada musim 1998/99, Michael Bridges (1999/00), dan Mark Viduka (2002/03).

Southampton nyaris menyamakan kedudukan semenit jelang bubaran tetapi sepakan Nathan Redmond masih melenceng tipis dari sasaran.

Tim besutan Ralph Hasenhuettl menciptakan setidaknya dua peluang lagi di masa injury time, sayang tembakan Ibrahima Diallo melenceng dan sundulan Jack Stephens dalam situasi bola mati tidak menemui sasaran.

Leeds justru menggandakan keunggulan mereka pada menit kelima injury time saat Bamford mendapati tembakannya dimentahkan McCarthy, tetapi bola muntah bisa dikendalikan Roberts dan disarangkan dengan tenang ke dalam gawang tuan rumah.

Leeds nyaris menutup laga dengan gol ketiga, tetapi sayang tembakan Raphinha di area tiang dekat bisa ditepis oleh McCarthy, memastikan skor 2-0 bertahan hingga bubaran.

Di pertandingan pemungkas yang akan dimainkan serempak pada Minggu (23/5), Leeds akan menjamu West Bromwich Albion di Elland Road dan Southampton bertandang ke markas West Ham United. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Imbang 1-1 atas Spanyol, Polandia Terancam Gugur dari Grup E

👤Ilham Ananditya 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:21 WIB
“Tentu saja kami membuat beberapa kesalahan, baik dalam bertahan dan menyerang, tetapi itu terlihat jauh lebih baik daripada melawan...
AFP

Lawan Belanda, Makedonia Utara akan Buktikan Memang Pantas di Euro

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:11 WIB
Meski Timnas Makedonia Utara tidak memiliki kesempatan lagi untuk lolos dari babak penyisihan grup, namun mereka bertekad akan menampilkan...
AFP/CHRISTOF STACHE

Mueller Sebut Kepercayaan Diri Jerman Melambung Tinggi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 20 Juni 2021, 12:46 WIB
Hal itu terjadi setelah Jerman menang telak 4-2 atas Portugal di laga Piala...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya