Senin 26 April 2021, 05:17 WIB

Kalahkan AZ Alkmaar, Ajax di Ambang Gelar Eredivisie

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Kalahkan AZ Alkmaar, Ajax di Ambang Gelar Eredivisie

AFP/MAURICE VAN STEEN
Para pemain Ajax Amsterdam melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang AZ Alkmaar di laga Eredivisie.

 

AJAX mengunci gelar juara Eredivisie seusai mengalahkan AZ Alkmaar 2-0 dalam laga pekan ke-30 di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu (25/4).

Dua gol yang dicetak Davy Klaassen membuat Ajax, yang berada di puncak klasemen, kini, mengoleksi 76 poin atau unggul 12 poin atas pesaing terdekat, PSV Eindhoven.

Di atas kertas, jarak itu masih bisa dikejar PSV, mengingat musim masih menyisakan empat putaran pertandingan untuk dijalani.

Baca juga: Yedder Bawa AS Monaco Naik ke Posisi Kedua

Namun, Ajax punya keunggulan selisih gol surplus 68, 33 poin lebih banyak dibandingkan PSV, sesuatu yang hampir tidak mungkin dikejar.

Dengan situasi tersebut, Ajax hanya butuh mengamankan satu poin saja dari empat pertandingan sisanya untuk betul-betul dinobatkan sebagai juara Eredivisie musim ini, mengawinkannya dengan trofi KNVB Beker yang sudah mereka menangi pekan lalu.

Pertandingan kontra AZ jadi kali pertama laga kandang Ajax dihadiri lagi penonton langsung di Johan Cruijff Arena, menyusul persetujuan regulasi aturan pemerintah setempat, dengan kehadiran sekitar 7.500 penonton.

Setelah pertandingan babak pertama Ajax vs AZ berlalu tanpa gol, Klaassen memecah kebuntuan untuk membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-66 lewat sontekannya menyelesaikan umpan kiriman Dusan Tadic.

Empat menit berselang, Tadic hampir menggandakan keunggulan Ajax namun sundulannya menyambut umpan silang Noussair Mazraoui masih bisa diamankan kiper Marco Bizot.

Enam peluang lain bagi Ajax berlalu, sebelum Klaassen mencetak gol keduanya tepat di pengujung waktu normal lewat tandukannya menyambut umpan sundulan Nicolas Tagliafico dalam situasi sepak pojok demi mengunci kemenangan 2-0 atas AZ.

Di pertandingan selanjutnya, Ajax akan menjamu FC Emmen di Johan Cruijff Arena, Minggu (2/5), sehari setelah AZ melawat ke markas RKC Waalwijk. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

MU Buka Pintu Wan-Bissaka Hengkang Akhir Musim

👤Ant 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:53 WIB
Ia mulai kalah saing dari Diogo Dalot di bawah pelatih sementara Ralf...
AFP

Divock Origi Hengkang ke Milan Akhir Musim

👤Ant 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:41 WIB
Origi sedang menunggu untuk menjalani tes medis sebelum menandatangani...
AFP

Beli Rumah di Milan, Dybala Bakal Merapat Ke Inter Milan?

👤Widhoroso 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:06 WIB
PAULO Dybala dilaporkan sudah membeli tempat tinggal baru di kota Milan yang berdekatan dengan markas Inter...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya