Selasa 05 Januari 2021, 08:33 WIB

Asosiasi Pemain Uruguay Tuding FA Rasis

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Asosiasi Pemain Uruguay Tuding FA Rasis

AFP/Martin Rickett
Penyerang Manchester United Edinson Cavani

 

ASOSIASI Pemain Uruguay (AFU), Senin (4/1), menuding Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) berlaku rasis karena menskors penyerang Manchester United Edinson Cavani karena dianggap melanggar aturan antirasisme lewat unggahannya di media sosial.

Cavani mengunggah pesan di Instagram, tidak lama setelah mencetak dua gol saat Manchester United menang 3-2 atas Southampton, menggunakan istilah Spanyol negrito (orang hitam kecil) untuk berterima kasih kepada temannya.

Mantan striker Paris Saint-Germain itu dengan cepat menghapus unggahannya dan meminta maaf setelah diberi tahu arti kata itu dalam bahasa Inggris. Cavani menegaskan dirinya dengan tegas menentang rasisme.

Baca juga: Liverpool Tersandung di Markas Southampton

Namun, hal itu tidak menghentikan FA menjatuhkan skorsing tiga pertandingan dan denda sebesar 100 ribu pound sterling kepada Cavani.

Sanksi itu memicu kemarahan di Uruguay dengan akademi bahasa Uruguay menuding FA membuat keputusan yang salah akibat miskinnya pengetahuan bahasa dan budaya mereka.

Dalam sebuah pernyataan resmi, AFU menuding FA melakukan rasisme dengan tidak mengakui konteks dari pesan yang disampaikan Cavani.

"Sayangnya, melalui sanksi ini, Asosiasi Sepak Bola Inggris menunjukkan ketidakpedulian mereka pada pandangan multikultural dunia," ungkap AFU.

"Sanksi ini tidak hanya menghukum satu orang namun juga seluruh budaya, cara hidup kami. Hal ini sangat menghina dan rasis," imbuh mereka.

Cavani telah menjalankan satu dari skorsing tiga laga yang diterimanya saat Manchester United menang 2-1 atas Aston Villa, Sabtu (2/1) dini hari WIB lalu.

Meski begitu, AFU menyerukan agar FA membatalkan sanksi terhadap Cavani dan memulihkan nama baik penyerang itu.

"Kami meminta FA segera membatalkan sanksi terhadap Edinson Cavani dan memulihkan nama baiknya di dunia yang secara tidak adil tercoreng oleh keputusan itu," tegas AFU. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Zidane Emoh Gantikan Ole Tukangi MU

👤Ant 🕔Senin 25 Oktober 2021, 23:05 WIB
Ole mendapatkan tekanan hebat, setelah runtutan hasil buruk yang didapatkan MU termasuk ketika kalah 0-5 melawan...
AFP

Marcelo Ingin Pulang Kampung ke Fluminense

👤Ant 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:11 WIB
Alasan Marcelo hengkang dari Madrid disinyalir karena dirinya saat ini tidak menjadi pilihan...
DOK PSSI

Shin Tae-yong yakin Timnas U-23 Taklukkan Australia

👤Mediaindonesia 🕔Senin 25 Oktober 2021, 19:45 WIB
Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut bahwa anak-anak asuhnya sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya