Jumat 20 November 2020, 04:25 WIB

Pesepak Bola Putri akan Dapat Cuti Melahirkan

Widhoroso | Sepak Bola
Pesepak Bola Putri akan Dapat Cuti Melahirkan

AFP/DAVID CATRY
Pesepakbola putri

 

FEDERASI Sepak Bola Dunia (FIFA) tengah merancang aturan terkait hak-hak pesepak bola putri, di dalamnya termasuk cuti bersalin. Rancangan itu sudah diajukan olah Komite Pemangku Kepetingan Sepak Bola (FSC) FIFA untuk dibahas dan disahkan dalam pertemuan dewan FIFA bulan depan.

Kendati banyak pesepak bola putri di Eropa sudah terlindungi dengan hukum ketenagakerjaaan di masing-masing negara, FIFA menyatakan ingin membangun standard global baru bagi pesepak bola putri di seluruh dunia, menyusul munculnya gelombang klub-klub dan liga putri baru berbagai belahan bumi.

Dengan aturan ini, pesepak bola putri akan mendapat cuti bersalin minimal 14 pekan dengan hak dua pertiga nominal gajinya serta jaminan. Aturan tersebut juga nantinya mengharuskan klub-klub untuk melakukan penyesuaian bagi pesepak bola putri dan menyediakan dukungan medis dan fisik yang diperlukan.

"Sebagai upaya mendorong profesionalisme sepak bola putri, sebagai salah satu langkah strategis, penting bagi kami untuk mengubah dan menyesuaikan kerangka kerja olahraga ini dalam waktu bersamaan. Ini contoh bagus," kata Kepala Departemen Sepak Bola Putri FIFA, Sarai Bareman, Kamis (19/11).

"Kami ingin agar perempuan bisa menghidupi dirinya sebagai pesepak bola sembari memastikan hak mereka untuk berkeluarga dan menjadi ibu. Itulah mengapa penting kehadiran kerangka regulasi untuk melindungi para pesepak bola putri," ujarnya menambahkan. (Ant/R-1)

Baca Juga

AFP/MIGUEL MEDINA

Leao Sebut Laga AC Milan Kontra Porto Bak laga Final

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 08:00 WIB
Kedua tim memasuki laga dengan catatan tanpa pernah menang di dua pertandingan sebelumnya dan sama-sama memburu tiga poin untuk menjaga asa...
AFP/Paul ELLIS

Klopp Pastikan Belajar Banyak dari Dua Pertemuan Terakhir dengan Atletico

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 06:45 WIB
Liverpool terakhir kali bertemu Atletico di babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 dengan The Reds kalah 0-1 di Wanda Metropolitano dan...
AFP/FRANCK FIFE

Pochettino: Laga PSG Kontra Leipzig Ditentukan Saat Kehilangan Bola

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 05:45 WIB
Juru taktik asal Argentina itu menegaskan baik timnya maupun Leipzig sama-sama membutuhkan kemenangan untuk memelihara asa masing-masing...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya