Minggu 30 Agustus 2020, 07:33 WIB

Ketum PSSI Minta Timnas U-19 Abaikan Isu Naturalisasi

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Ketum PSSI Minta Timnas U-19 Abaikan Isu Naturalisasi

ANTARA/Puspa Perwitasari
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan

 

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta para pemain tim nasional U-19 untuk mengabaikan isu naturalisasi pesepak bola asing.

"Jangan hiraukan berita-berita itu. Mereka (pemain asing) itu milik klub dan tidak ada yang berangkat TC ke Kroasia. Yang berangkat adalah kalian," ujar Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (29/8).

Iriawan mengatakan hal itu ketika melepas timnas U-19 ke Kroasia untuk menjalani pemusatan latihan (TC) dan mengikuti beberapa pertandingan uji coba di Jakarta, Sabtu (29/8) sore.

Baca juga: Bima Tunggu Putusan AFC

Kabar soal rencana naturalisasi pemain asing untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 muncul sekitar satu minggu terakhir setelah tiga klub Liga 1 yaitu Arema, Persija, dan Madura United mendatangkan pemain-pemain remaja berusia di bawah 20 tahun dari Brasil.

PSSI sebelumnya telah menyatakan tidak terkait dengan kehadiran para pemain asing tersebut.

Dalam pernyataan di laman resminya, Kamis (20/8), yang disampaikan Indra Sjafri selaku direktur teknik, PSSI menyatakan kebijakan untuk
menghadirkan pemain-pemain muda Brasil itu menjadi keputusan klub dan tidak ada hubungannya dengan PSSI atau pun tim nasional.

"Pak Indra Sjafri sudah menyampaikan bahwa itu murni program dari klub. Jadi saya meminta kalian untuk fokus dan konsentrasi mempersiapkan
diri di Kroasia. Itu pesan saya kepada kalian semua," tutur Iriawan di hadapan para pemain timnas U-19.

Sebanyak 28 pemain dan 15 ofisial timnas U-19, termasuk manajer pelatih timnas Shin Tae-yong, berangkat ke Kroasia pada Sabtu (29/8) malam.

Di sana, mereka melakoni TC dan dijadwalkan mengikuti turnamen persahabatan internasional U-19 pada 2-8 September 2020.

Selain Indonesia dan Kroasia, kompetisi itu diikuti Bulgaria dan Arab Saudi.

TC itu digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Namun, berdasarkan kabar terkini, ada kemungkinan turnamen tersebut ditunda AFC karena pandemi covid-19.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 akan ditempa untuk berlaga di Piala Dunia U-20 pada 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat

Jelang SEA Games, PSSI Pilih TC di Dalam Negeri

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 05:35 WIB
Awalnya, PSSI berencana menggelar TC di luar negeri, seperti Uni Emirat Arab, demi mendapatkan performa maksimal pada SEA Games...
AFP

Pelatih Baru Marseille Sudah Tiba di Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 05:15 WIB
Namun, Jorge Sampaoli yang datang dari Brasil harus menjalani karantina selama tujuh hari, sebelum kemudian menjalani tugas baru di New...
AFP

Torino Dikarantina, Serie A Enggan Tunda Laga

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 04:20 WIB
Kebijakan karantina itu menyusul kasus belasan pemain Torino yang terpapar covid-19. Alhasil, skuad Torino tidak bisa ke Roma untuk melawan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya