Senin 09 Maret 2020, 05:00 WIB

Camp Nou Cibir Taktik Quique Setien

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Camp Nou Cibir Taktik Quique Setien

(Photo by LLUIS GENE / AFP)
Pemain tengah Real Sociedad Norwegia Martin Odegaard (kiri) menantang pemain depan Argentina Argentina Lionel Messi

 

KEMENANGAN berharga Barcelona atas Real Sociedad dengan skor tipis 1-0 pada lanjutan La Liga, kemarin WIB, harus diwarnai kritik dari publik Camp Nou.

Barcelona harus berterima kasih kepada video assistant referee (VAR) yang menunjuk penalti setelah pemain Sociedad terlihat menyentuh bola. Eksekusi yang dingin membuahkan gol semata wayang Lionel Messi pada menit ke-81, membawa Barcelona kembali ke jalur kemenangan setelah ditekuk Real Madrid pekan lalu.

Namun, di balik tiga poin itu, publik Camp Nou melancarkan kritik kepada permainan yang diterapkan arsitek Barcelona Quique Setien. Ribuan pendukung bersiul menunjukkan rasa frustrasi ketika pemain Barcelona saat memegang bola.

Operan yang lambat, kurang kreativitas, dan tumpulnya penyelesaian akhir membuat pendukung tak puas dengan taktik Setien. Secara statistik, Barcelona menguasai pertandingan hingga 58% dan melesakkan enam sepakan tepat sasaran, tetapi tak satu pun yang lahir menjadi gol.

Setien mengaku tak terpengaruh oleh respons negatif dari publik Camp Nou. Ia mengesampingkan kritik dan menatap hasil poisitif dengan raihan tiga poin penting itu.

"Kami tidak kehilangan kepercayaan diri. Para pendukung terkadang tidak berada di posisi ini, tapi kami harus menerima ini," ungkap Setien.

Setien mengatakan pendukung tidak bisa menyalahkan dirinya atas kurang atraktifnya penampilan La Blaugrana--julukan Barcelona. Ia mengatakan Sociedad ialah lawan yang tangguh dan sedang dalam tren positif. Terakhir, Sociedad sukses melaju ke final Copa del Rey.

"Mereka memiliki pemain yang berkualitas. Meski kami menguasai pertandingan, mereka bisa menyulitkan kami. Kami harus berterima kasih kepada VAR atas penalti itu," kata Setien.

Kemenangan tersebut membawa Barcelona ke puncak klasemen sementara unggul dua poin atas Real Madrid. Namun, Los Blancos--sebutan Madrid--berpeluang merebut takhta klasemen jika mampu menang dari Real Betis, dini hari WIB tadi.

Mou meradang

Lontaran kritik pelatih Jose Mourinho juga mengiringi hasil imbang 1-1 yang dipetik Tottenham Hotspur saat melawat ke Turf Moor, markas Burnley, pada lanjutan Liga Primer, kemarin WIB.

Dele Alli menjadi penyelamat Tottenham setelah mencetak gol melalui titik putih menit ke-50. Tottenham kecolongan lebih dulu akibat ulah Chris Wood di menit ke-13.

Arsitek asal Portugal itu melontarkan kritik pedas kepada Tanguy Ndombele yang bermain buruk dan berbuah kecolongan gol. Mourinho memasang lima bek dengan Ndombele diplot sebagai jangkar. Namun, pemain termahal klub--Rp1 triliun saat diboyong dari Lyon Prancis--gagal menjalankan tugas.

"Dia bertalenta luar biasa. Dia harus bermain lebih baik. Jika tidak, saya tidak bisa memberinya kesempatan karena tim jauh lebih penting," kata Mourinho. (AFP/Marca/BBC/R-2)

Baca Juga

AFP

Modric: Real Madrid dalam Posisi Sulit

👤Widhoroso 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:50 WIB
Kekalahan dari Shakhtar membuat Real Madrid telah kebobolan sembilan gol di fase grup Liga Champions musim ini dan menjadi catatan terburuk...
AFP/Mike Hewitt

Tuchel tidak Ragukan Kualitas Cavani

👤Widhoroso 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:51 WIB
Cavani, 33, didatangkan Manchester United pada bursa transfer musim panas lalu setelah dilepas PSG dengan status bebas...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Dennis Wise: Saya tidak Cari Untung dari Kepindahan Bagus Kahfi

👤Widhoroso 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:02 WIB
Dennis Wise merupakan merupakan sosok yang memberikan rekomendasi Bagus ke klub Belanda FC Utrecht. Ia menilai Bagus memiliki kemampuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya