Senin 04 November 2019, 07:10 WIB

Iwan Bule Nyatakan Komitmen Berantas Mafi a Sepak Bola

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Iwan Bule Nyatakan Komitmen Berantas Mafi a Sepak Bola

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ketua Umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan.

 

KETUA umum PSSI yang baru, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, berjanji memberantas mafia dalam dunia persepakbolaan Indonesia. Ia menegaskan, jika ada pihak yang terbukti melakukan pengaturan skor dan suap, ia akan menyerahkan hal itu kepada Satgas Antimafia Bola.

"Ya, kan saya komit. Saya sampaikan, kalau memang bukti ada, saya dorong ke kepolisian (satgas) untuk menindaklanjuti," ujar Iwan ketika dihubungi, Minggu (3/11).

Iwan mengatakan sejauh ini ia terus memantau aktivitas Satgas Antimafia Bola dan secepatnya melakukan evaluasi. Ia juga merumuskan percepatan pemberantasan mafia di sepak bola. "Nanti dari Satgas Mafia Bola mana yang belum selesai, pasti kita evaluasi," ungkap Iwan.

Di lain sisi, pengamat sepak bola Fritz Simanjuntak mengatakan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang baru terpilih harus mampu membuka mafia bola yang selama ini menggerogoti sepak bola Indonesia.

Ia mengatakan, sebagai pihak yang mengetahui seluk beluk sepak bola, seharusnya exco turut serta membongkar. Bukan justru diam atau lebih parah lagi berkompromi dengan mafia bola soal pengaturan skor dan sogok-menyogok.

"Mestinya exco sebagai kepanjangan ketum berani mengungkap mafia bola. Sejauh ini sebenarnya ada tercium, tapi kita yang di luar kan tidak bisa membuka itu," ungkap Fritz, Minggu (3/11).

Sebelumnya, Exco PSSI kepengurusan lalu, seperti Johar Lin Eng, Hidayat, dan Papat Yunisal diamankan Satgas Antimafia Bola. Mereka diduga terlibat pengaturan skor. Karena itu, Fritz mengatakan sebaiknya exco lebih berani mengungkap itu dan membantu Satgas Antimafia Bola yang telah berjalan.

Terkait kepengurusan baru, Fritz berharap Iwan Bule tidak menjadikan PSSI sebagai batu loncatan. Fritz mengacu kasus Edy Rahmayadi yang terpilih sebagai ketum PSSI 2016-2020. Edy lantas mengikuti pilkada dan terpilih sebagai Gubernur Sumut 2018-2023. Pada Januari 2019, Edy akhirnya mundur sebagai ketum PSSI.

Iwan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2019-2023 dalam Kongres Luar Biasa PSSI, Sabtu (2/11), menyisihkan dua calon lainnya, yakni Arif Putra Wicaksono dan Rahim Soekasah. (Faj/X-6)

Baca Juga

Dok.Twitter

Jesus Resmi Berseragam Arsenal

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:54 WIB
Arsenal diyakini mengeluarkan dana sebesar 45 juta poundsterling atau sekitar Rp816 miliar untuk menebus Jesus dari Manchester...
Twitter @EvertonInUSA

Everton Datangkan Tarkowski dari Burnley

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 14:00 WIB
Everton mengikat Tarkowski dengan durasi kontrak selama empat musim dan menjadi rekrutan pertama The Toffees di bawah asuhan pelatih Frank...
AFP/FRANCK FIFE

AC Milan Incar Abdou Diallo dari PSG

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:30 WIB
Rossoneri akan mempersiapkan dana hingga 15 juta euro atau sekitar Rp232 miliar untuk meyakinkan PSG agar mau melepas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya