Selasa 28 Mei 2019, 04:00 WIB

Tawa Atalanta dan Inter Milan, Derita AC Milan

Despian Nurhidayat despian@mediaindonesia.com | Sepak Bola
Tawa Atalanta dan Inter Milan, Derita AC Milan

AFP
pertandingan sepak bola Serie A Italia AC Milan vs Frosinone pada 19 Mei 2019

 

PERSAINGAN terakhir di Seri A yang memperebutkan tiket ke Liga Champions di penghujung musim berakhir sudah. Inter Milan dan Atalanta berhak tampil di kompetisi kasta tertinggi Benua Biru tersebut pada musim depan setelah menduduki posisi ketiga dan keempat klasemen akhir.

Sebaliknya, nasib sial dialami AC Milan. Ambisi Rossoneri untuk kembali tampil di Liga Champions pun pupus sudah setelah hanya menempati posisi kelima.

Sebelum menjalani pekan ke-38 Seri A, sejatinya Atalanta dan Inter Milan sudah berada dalam posisi yang lebih menguntungkan ketimbang Milan. Namun, mereka hanya dipisahkan jarak satu poin. Adapun dengan AS Roma yang ada di posisi keenam berjarak tiga poin. Itu artinya perubahan posisi masih sangat mungkin terjadi.

Meski begitu, harus diakui juga Milan amat membutuhkan sedikit keberuntungan.

Sayangnya, Dewi Fortuna kali ini tidak berada di pihak Rossoneri.

Meski tim besutan Gennaro Gattuso sukses mengalahkan SPAL 3-2, mereka tetap gagal lolos ke Liga Champions lantaran Atalanta dan Inter juga sukses melibas lawan masing-masing.

Atalanta menuntaskan perlawanan tamunya Sassuolo 3-1, sedangkan Inter Milan menghempaskan Empoli 2-1. Dengan hasil itu, Milan harus finis di posisi kelima dengan 68 poin. Mereka defisit satu angka dari Atalanta dan Inter yang ada di urutan ketiga dan keempat.

"Bisa menuntaskan musim dengan 68 poin memberi saya kebanggaan meski itu rasanya menyakitkan gagal lolos ke Liga Champions," tutur Gattuso.

"Penyesalan terbesar ialah kami tidak mampu mempertahankan konsistensi di level yang sama dalam 3-4 bulan. Kami sempat menjalani banyak periode buruk. Secara mental saya sangat terpukul dengan kegagalan ini," imbuhnya.

Kontras dengan Gattuso, presiden Atalanta, Antonio Percassi, mengaku begitu puas dengan keberhasilan timnya. "Ini musim yang luar biasa. Pelukan pertama saya berikan untuk Gasperini, untuk seumur hidup saya. Kami sudah memastikan bahwa ia akan berada di sini musim depan."

"Ini ialah hasil apik untuk klub, untuk Bergamo. Bermain di Liga Champions itu fantastis. Sebuah penghargaan untuk kota ini. Kami membuktikan juga bisa bertahan karena dalam beberapa tahun terakhir kami selalu ditemani ribuan fan dengan kegembiraan, antusiasme, dan kekuatan," timpal arsitek Atalanta, Gian Piero Gasperini.

"Jangan berterima kasih kepada saya, tapi berterima kasihlah kepada para pemain. Mereka tak pernah lelah berlatih. Respons mereka juga sangat luar biasa," imbuhnya.

Perpisahan pahit

Pada bagian lain, Massimiliano Allegri harus menelan pil pahit. Ia harus mengakhiri kariernya di Juventus dengan cara yang mengecewakan setelah 'si Nyonya Tua' dikalahkan Sampdoria 0-2.

Namun, terlepas dari penampilan mereka dalam beberapa pekan terakhir yang buruk, Bianconeri setidaknya masih finis dengan keunggulan 11 poin atas Napoli yang berada di posisi kedua. "Saya merasa baik karena saya mengakhiri lima tahun yang luar biasa dengan memenangi gelar. Besok era baru dimulai," ungkap Allegri.

"Saya akan kembali bekerja ketika saya memiliki kesempatan. Saya perlu menemukan tim yang dapat saya nikmati sendiri dan melakukan pekerjaan dengan baik," tambahnya. (Footballitalia/AFP/R-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Laskar Mahesa Jenar Ingin Putus Rekor Buruk Melawan Madura United

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 13:52 WIB
PSIS Semarang bertekad memutus rekor buruk melawan Madura United dalam lanjutan BRI Liga 1, Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali, Jumat...
AFP/Pau BARRENA

Gagal Dapatkan Vlahovic, Arsenal Alihkan Perhatian ke Raul de Tomas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 27 Januari 2022, 12:30 WIB
Saat ini, Raul de Tomas masih memiliki kontrak dengan Espanyol hingga 2026 mendatang dan klausul rilis mencapai angka 70 juta...
AFP/Glyn KIRK

Arteta Akui Arsenal Butuh Pemain Baru

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 27 Januari 2022, 12:00 WIB
Arteta menjelaskan, saat ini, Arsenal berencana mendatangkan pemain baru, namun situasi di bursa transfer berjalan dengan sulit dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya