Jumat 10 Mei 2019, 06:18 WIB

Aubameyang Hattrick, Arsenal ke Final Liga Europa

Cahya Mulyana | Sepak Bola
Aubameyang Hattrick, Arsenal ke Final Liga Europa

AFP/JOSE JORDAN
Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan golnya ke gawang Valencia

 

ARSENAL memastikan diri lolos ke final Liga Europa. Tiket itu diraih The Gunners berkat hattrick Pierre-Emerick Aubameyang.

Arsenal yang berstatus tim tamu di Mestalla, Jumat (10/5), kandang Valencia, mampu menyarangkan 4 gol yang hanya mampu dibalas Valencia dengan sepasang gol saja. Berkat hasil itu, Arsenal membukukan 7 gol dan Valencia hanya 3 gol jika digabungkan dengan skor akhir laga leg pertama semifinal.

Tim tamu yang memiliki modal besar karena unggul di leg pertama dengan angka cukup jauh yakni 3-1 atas Valencia sempat tercecer di awal pertandingan. Valencia yang mengejar ketertinggalan berhasil menambah pundi-pundi golnya saat laga baru berjalan 11 menit melalui kerja sama duo penyerang mereka, Kevin Gameiro dan Rodrigo.

Gameiro mampu menuntaskan bola yang diberikan rekannya itu ke gawang Peter Cech. Dengan begitu agregat menjadi 2-3 untuk Valencia atas Arsenal. Butuh satu gol lagi untuk Los Che Els untuk merebut tiket final dari skuat Unay Emery.

Baca juga: Pilih Rayakan Kemenangan Dulu

Sayangnya, hal itu cukup sulit bagi pasukan Marcelino García Toral meski mendapat sokongan kuat dari pendukung tuan rumah. Pasalnya, tim tamu yang berusaha menjadikan ajang ini jembatan ke kompetisi kasta utama Eropa tidak tinggal diam.

Aubameyang mampu membalas gol Gameiro setelah 6 menit berlalu. Gol balasan Arsenal juga diracik duo penyerangnya yakni Aubameyang dan Alexandre Lacazette. Namun, striker asal Gabon itu yang mampu menyarangkan bola ke jala Valencia.

Sampai turun minum, skor tidak berubah untuk keunggulan agregat Arsenal. Sementara asa tim tuan rumah yang sempat hidup kembali redup karena dalam 45 menit belum mampu menyamakan jumlah gol dalam pertemuan mereka di tahap ini.

Paruh kedua pun bergulir dan menjadi penentu bagi kedua tim. Bertekad come back, namun Valencia malah menjauh dari panggung utama Liga Europa. Itu akibat tidak mampu menghadang tendangan Lacazette 5 menit awal babak hidup mati Valencia.

Dengan begitu, Arsenal memimpin 5-2 secara agregat. Terpukul dengan kenyataan itu, Gameiro kembali mencetak gol di menit ke-58 namun itu tidak mampu mengantarkan Valencia masuk ke babak akhir ajang ini.

Terlebih setelah Aubameyang mencatatkan hattrick-nya (68 dan 88). Ainsley Maitland-Niles mengirim umpan silang yang diselesaikan Aubameyang di tiang dekat.

Kemudian penyerang yang sempat bermain di Bundesliga itu juga memastikan Arsenal lolos setelah bekerja sama dengan Henrikh Mkhitaryan. Aubameyang mendapatkan umpan terobosan di sisi kanan dan menuntaskan serangan dengan tembakan keras.

Setelah itu, tidak lagi ada gol tercipta. Dengan skor 4-2, Arsenal berhak lolos ke final karena berhasil memastikan keunggulan agregat yang sangat jauh dari Valencia yakni 7-3. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Tahan Imbang Persis, PSM Perpanjang Rekor belum Terkalahkan

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 29 September 2022, 20:10 WIB
PSM Makassar sudah memainkan 10 laga di kompetisi Liga 1 2022/2023, dengan meraih enam kemenangan dan empat kali hasil...
AFP/JOHN THYS

Thierry Henry Khawatir VAR akan Bunuh Sepak Bola

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 14:30 WIB
Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal itu merasa VAR malah memancing ktnroversi baru dan tidak meredakan pertanyaan mengenai...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Bali United Krisis Pemain Lawan Persikabo 1973

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 29 September 2022, 14:14 WIB
Brwa Nouri, Andhika Wijaya, dan Nadeo Arga Winata dipastikan absen. Nouri tidak dapat bermain akibat akumulasi empat kartu kuning dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya