Minggu 17 Maret 2019, 16:20 WIB

Liga Berjenjang Pakai VAR, Menpora: Wasit Sangat Terbantu

Micom | Sepak Bola
Liga Berjenjang Pakai VAR, Menpora: Wasit Sangat Terbantu

Dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi membuka Liga Sepak Bola Berjenjang di Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/3). Menpora senang Liga Berjenjang inisiasi Kemenpora itu dalam pelaksanaanya menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).
 
Tendangan penalti dari Imam mengawali kompetisi kelompok usia U-12, U-14, U-16, Liga Mahasiswa U-21, dan U-17 tersebut. Yang menarik, penyelenggaraan Piala Menpora 2019 kali ini menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).
 
“Saya bersyukur hari ini bisa datang ke UPI, Bandung, mengikuti pembukaan Liga Sepak bola Berjenjang. Ada yang menarik dalam momentum ini, pertama kalinya Liga Berjenjang dibantu oleh teknologi VAR,” kata Imam dalam sambutannya.
 
Menurutnya, VAR sangat membantu kinerja wasit dalam memimpin pertandingan. Segala insiden yang terjadi didalam lapangan dapat terekam dengan baik.

Baca juga: Liga Sepak Bola Berjenjang Diharap Lahirkan Bintang Masa Depan

“Pasti VAR membantu wasit, pelatih, pemain maupun suporter. Wasit lebih mudah untuk mengambil keputusan. Penggunaan VAR disini terinspirasi oleh sahabat saya dari Bandung Premier League. Ketika ada VAR, wasit bisa terlihat lega untuk ambil keputusan, suporter tidak bentrok, keputusan wasit jelas fair. Jika ada protes, VAR sangat membantu,” jelas Imam.
 
Lebih lanjut, dalam kompetisi itu, Imam berharap akan ada lahir pesepak bola hebat yang nantinya bisa membela Timnas Indonesia.“Kita harap Liga Berjenjang banyak melahirkan atlet sepak bola dikemudian hari. Kita terus mendukung untuk kemajuan sepak bola,” jelas dia. (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP

Mbappe Tidak Sudi Ada Neymar Di PSG

👤Widhoroso 🕔Jumat 30 September 2022, 19:39 WIB
HUBUNGAN dua bintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe dan Neymar, dilaporkan telah mencapai titik...
Antara/Aditya Pradana Putra.

PSSI Perlu Turun Gunung untuk Perbarui Kontrak STY

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 30 September 2022, 19:17 WIB
Kontrak pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong hingga kini belum kunjung...
Antara

Laga Persebaya Kontra Arema, Adu Gengsi di Jawa Timur

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 30 September 2022, 17:22 WIB
Misi wajib menang dalam pertandingan ini bukan sekadar untuk meraih tiga poin dan memperbaiki posisi tim, namun juga persoalan harga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya