Sabtu 23 Februari 2019, 18:15 WIB

Menang Besar, Persebaya Lolos Meyakinkan ke 8 Besar

Antara | Sepak Bola
Menang Besar, Persebaya Lolos Meyakinkan ke 8 Besar

ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.

 

PERSEBAYA Surabaya memastikan diri lolos ke babak delapan besar Piala Indonesia 2019 usai menaklukkan Persidago Gorontalodengan skor 7-0 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/2) sore.    

Gol-gol Bajul Ijo dicetak oleh Amildo Balde sebanyak empat gol di menit 27, 30, 56 dan 87, lalu masing-masing satu gol Otavio Dutra menit 34, Hansamu Yama menit 37 dan Damian Lizio menit 45+1.

Pada 25 menit babak pertama berjalan, tuan rumah sempat kesulitan menembuspertahanan Persidago yang tampil ngotot dan memberikan perlawanan maksimal.     

Baru pada menit ke-27, top skorer Persebaya sementara di Piala Indonesia, Amildo Balde mencetak gol melalui tendangan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti memaksimalkan umpan terobosan Manuchehr Jalilov.
     
Tiga menit berselang, lagi-lagi kombinasi kerja sama Jalilov dan Balde membuat kiper Persidago Mario Fabiyo Londok memungut bola dari gawangnya setelah Balde mencetak gol keduanya.     

Gol ketiga Persebaya dicetak bek asing yang tidak lama lagi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), Otavio Dutra, menit ke-34 memanfaatkan bola muntah sundulan Balde yang terbentur tiang gawang.
     
Gol berikutnya Persebaya kembali dicetak pemain belakang, yang kali ini melalui Hansamu Yama lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan terukur tendangan bebas Damian Lizio menit ke-37.
     
Pada menit 45+1 atau injury time babak pertama, giliran striker baru asal Bolivia, Damian Lizio, yang membuktikan kualitasnya usai lolos jebakan offside dan tinggal berhadap-hadapan dengan kiper Persidago.

Baca juga : Debut Pelatih Baru, PSM Buru Kemenangan dari Perseru
     
Skor 5-0 bertahan hingga wasit Fariq Hitaba asal Yogyakrta membunyikan peluit tanda berakhirnya 45 menit babak pertama.     

Babak kedua berjalan 11 menit, kembali Amildo Balde menunjukkan kelasnya sekaligus membuktikan pantas menggantikan peran David Da Silva yang musim lalu menjadi predator di Persebaya.
     
Gol tercipta memanfaatkan kesalahan bek Persidago yang gagal mengontrol bola silang kiriman Ruben Sanadi sehingga bola terlepas dan dicocor keras oleh Balde dari dalam kotak penalti.
     
Persidago bukannya tanpa serangan, berkali-kali striker bernomor punggung 14, Ismail Adam memaksa kiper Persebaya Abdul Rohim bekerja ekstra keras menghalau sejumlah peluang.
     
Menit ke-87, lagi-lagi Amildo Balde mengoyak jala Persidago yang kali ini melalui sundulan kepalanya usai menerima umpan silang matang Alwi Slamat.    

Gol keempat pemain yang pernah merumput di Celtic FC itu menjadi gol penutup di laga yang disaksikan 10.530 penonton tersebut sekaligus menegaskan agregat menjadi 11-1 (leg pertama 4-1 untuk Persebaya).     

Sementara itu, dari delapan tim yang akan berlaga di perempat final, sudah ada tujuh tim yang sudah memastikan lolos, yakni Persib, Madura United, Persija Jakarta, Borneo FC, PSM Makassar, Bali United dan Persebaya.
     
Satu tiket lagi masih diperebutkan antara PSIS Semarang dan Bhayangkara FC yang akan bermain pada Minggu, 24 Februari 2019. (Ant/OL-8)

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio

Pekan Depan, Kemenpora Panggil PT LIB dan PSSI

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Jumat 14 Mei 2021, 13:48 WIB
Pertemuan yang juga melibatkan sejumlah stakeholder terkait akan membahas perizinan dan rekomendasi turnamen Liga 1 dan Liga 2 musim...
AFP/PETER POWELL

Rodgers Ajak Leicester Cetak Sejarah di Piala FA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 14 Mei 2021, 11:45 WIB
The Foxes akan berhadapan dengan Chelsea di laga final Piala FA, Sabtu (15/5). Ini merupakan kali pertama Leicester mencapai laga final...
AFP/Martin Rickett

Guardiola Mengaku Terinspirasi oleh Klopp

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 14 Mei 2021, 10:00 WIB
"Dia membentuk saya, lewat timnya di Dortmund dan Liverpool, menjadi pelatih yang lebih baik. Dia membuat saya berpikir ulang mengenai...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya