Senin 20 Maret 2017, 06:40 WIB

NasDem Beri Saya Keleluasaan

Budi Mulia Setiawan | Politik dan Hukum
NasDem Beri Saya Keleluasaan

Walikota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan pidato saat Deklarasi Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023 di Monumen Bandung Lautan Api, Lapangan Tegalega, Bandung, Jawa Barat, Minggu (19/3). -- MI/Arya Manggala

 

PARTAI NasDem menjadi parpol pertama yang secara terbuka menyatakan mendukung Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat pada pilkada serentak 2018. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memastikan dukungan terhadap Ridwan atau yang akrab disapa Kang Emil ialah dukungan tanpa mahar.

Dalam menanggapi deklarasi dukungan NasDem yang berlangsung di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Kang Emil secara tegas menyatakan siap mengemban dukungan itu untuk menjadi orang nomor satu Jabar. Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Budi Mulia Setiawan dengan Kang Emil di Bandung, kemarin.

Partai NasDem memastikan mendukung Anda sebagai cagub Jabar periode 2018-2023. Apakah Anda siap?
Insya Allah saya siap untuk maju dalam pilgub nanti. Namun, semuanya tetap bagaimana kehendak Allah SWT karena manusia hanya bisa berkehendak, Tuhan yang menentukan. Kalau dibilang pasti, saya tegaskan sekali lagi kita lihat waktu ke depan, masih ada 15 bulan lagi, segala kemungkinan bisa terjadi.

NasDem membuka jalan dengan memberikan dukungan tanpa mahar?
Saya sangat mengapresiasi apa yang NasDem berikan itu. Dengan adanya dukungan tanpa mahar mencermin­kan peningkatan sistem demokrasi kita, seperti inilah partai politik yang ideal dan diharapkan. Melalui politik tanpa mahar, pemimpin yang diusung tidak usah berbuat macam-macam untuk mengembalikan mahar yang dikeluarkan. Jadi clean government dapat tercipta dan bisa dijalankan dalam tatanan pemerintahannya.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan tiga syarat, dan Anda langsung menyetujuinya. Mengapa?
Saya menyanggupi syarat yang diberikan itu karena apa yang disyaratkan sangat tidak membebani saya. Pertama, syarat menjadi negarawan, ya memang ­idealnya pemimpin itu ialah negarawan. Kedua, tidak usah menjadi bagian dari parpol, itu pun saya sangat setuju, dan ketiga, mengikuti arahan pemerintahan yang berkuasa, ya itu sudah jelas.

Di DPRD Jabar, NasDem hanya punya empat kursi. Apa yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan tambahan dukungan dari parpol lain?
Komunikasi politik akan terus saya bangun dengan semua pihak dari parpol. Dalam waktu dekat ini saya akan berkunjung dan sowan ke partai- partai lain yang mudah-mudahan bisa sejalan dengan visi dan misi saya dalam membangun Jawa Barat.

Apa visi dan misi Anda dalam membangun Jawa Barat ke depan?
Visi dan misi saya ialah menjadikan Jawa Barat provinsi termaju di indonesia. Pengalaman saya membangun Kota Bandung dan penghargaan yang Kota ­Bandung terima akan menjadi modal saya dalam mengelola Jawa Barat ke depan.

Apa kriteria calon wakil gubernur yang akan mendampingin Anda nanti?
Yang pasti yang mempunyai visi dan misi yang sama, gender tidak menjadi halangan, dan mempunyai kesamaan pandangan dalam membangun Jawa Barat. Saya pasti memilih wakil seperti itu. Di sinilah saya berterima kasih kepada NasDem karena saya diberi keleluasaan dalam menentukan wakil yang bisa sejalan dengan saya. (P-3)

Baca Juga

ANTARA/Budi Candra Setya

Budayawan Nilai Erick Thohir Cawapres Terbaik untuk Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:53 WIB
Erick Thohir yang tidak memiliki rekam jejak buruk dinilai Sobari sebagai cawapres paling potensial untuk memimpin Indonesia ke...
Dok MI

Kejaksaan harus Kejar Aset Koruptor Jiwasraya di Luar Negeri

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:44 WIB
Yunus mengatakan, dunia internasional menyoroti rendahnya asset recovery Indonesia dalam tindak pidana...
dok.PPP

Erick Thohir Semakin Menguat Jadi Cawapres Pilihan PPP

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:33 WIB
NAMA Menteri BUMN Erick Thohir semakin menguat untuk dipilih Partai Persatuan Pembangunan (PPP) maju sebagai calon wakil presiden...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya