Selasa 24 Januari 2023, 14:28 WIB

Presiden: Pembebasan Lahan Selesai, Sodetan Ciliwung Rampung April

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden: Pembebasan Lahan Selesai, Sodetan Ciliwung Rampung April

Antara
Ilustrasi: Ciliwung

 

Presiden Joko Widodo mengungkapkan proses pembebasan lahan untuk proyek Sodetan Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur sudah diselesaikan.

Dengan demikian, pembangunan infrastruktur pengurang banjir itu bisa kembali dilanjutkan setelah mandek selama enam tahun.

"Kemarin satu setengah bulan dibebaskan lahan di sini sehingga bisa dimulai lagi pengeborannya. Kita harapkan nanti di April insya Allah sudah selesai setelah berhenti enam tahun," ujar Jokowi di Sodetan Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/1).

Kepala Negara menyebut penyebab utama dari mandeknya pengerjaan Sodetan Ciliwung adalah pembebasan lahan yang tidak kunjung beres.

"Masalahnya pembebasan (lahan). Ketika dikerjakan Pak Gubernur (DKI Jakarta) Heru (Budi Hartono), saya tidak tahu pendekatannya apa, tapi selesai," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan pembebasan lahan menjadi kunci dari pembangunam Sodetan Ciliwung. Pasalnya, daerah-daerah yang dibebaskan itu akan menjadi lokasi inlet dan outlet atau tempat masuk dan keluarnya air dari sodetan.

"Ini difungsikan sebagai inlet sampai dengan outlet. Airnya cukup deras dan besar sehingga kalau tidak dilebarkan di sini ya tentunya menghambat," jelas Heru. (OL-12)

Baca Juga

Dok. Ikadin Jakbar

Ikadin Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Advokat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:29 WIB
Wacana multibar yang digaungkan sejumlah pihak adalah sebuah langkah mundur karena tidak ada satu pun di dunia ini menganut sistem...
Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya