Jumat 13 Januari 2023, 11:17 WIB

Citra Positif dan Hasil Kinerja Membuat Menteri Erick Jadi Idola Netizen

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Citra Positif dan Hasil Kinerja Membuat Menteri Erick Jadi Idola Netizen

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir.

 

PLATFORM monitoring dan analisis media sosial MediaWave mengeluarkan hasil monitoring dan analisis percakapan dan pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju selama periode 1 Desember hingga 31 Desember 2022.

Hasilnya yang didapat dari formulasi Earned Media Share of Sentiment (EMSS), menempatkan lima nama menteri yang memiliki sentimen positif yang cukup tinggi yang dibicarakan publik melalui media sosial. 

Dari kelima nama tersebut Erick Thohir menempati urutan tertinggi dengan 23,11% dengan total percakapan sebanyak 220,518.

Peringkat kedua ditempati Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, yang memiliki EMSS sebesar 2,67% dengan total percakapan sebanyak 8,750. Peringkat ketiga disematkan ke Menteri Agraria dan Tata Ruang,

Hadi Tjahjanto dengan EMSS sebesar 1,82% dan total percakapan sebanyak 4,423.

Dr.Phil. Sukri, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas), menilai hasil persepsi publik dan analisis media sosial yang dikeluarkan oleh MediaWave menunjukan bahwa kinerja Menteri Erick selama ini baik itu kerja sebagai menteri.

Baca juga: Hasil Survei Tunjukkan Erick Thohir Konsisten Jadi Cawapres Terkuat

"BUMN maupun kegiatan lain di luar kedinasan, mendapatkan respons positif dan dibicarakan publik. Image positif tersebut mengarah kepada kemampuan personal Menteri Erick," kata Sukri.

Sukri menilai Erick memiliki kemampuan personal dalam  mengerjakan berbagai tugas berat tersebut.

"Informasi tersebut tersedia di ruang publik melalui media masa baik itu elektronik maupun cetak, menjadikan Menteri Erick menjadi top of mind sebagian besar masyarakat Indonesia. Image positif tersebut akan mudah diingat oleh masyarakat," paparnya.

Prestasi yang cemerlang dan pembicaraan positif yang ada di ruang publik dinilai Sukri memiliki keterikatan yang sangat kuat di survei politik. baik itu untuk calon presiden maupun calon wakil presiden.

Menurut Sukri, dalam surveinya, lembaga survei akan menanyakan kepada responden mengenai preferensi masyarakat untuk memilih capres atau cawapres.

"Karena image positif dan prestasi kerja yang sangat baik membuat elektabilitas Menteri Erick dari waktu ke waktu mengalami peningkatan,: katanya.

"Masyarakat saat ini menilai positif terhadap kinerja Menteri Erick baik di kabinet maupun di luar tugas beliau sebagai pejabat publik," ujar Sukri.

"Saat ini saya belum melihat image negatif yang mengarah kepada beliau. Sehingga image Menteri Erick di akar rumput masih sangat baik. Tentu ini akan memberikan dampak signifikan terhadap elektabilitas Menteri Erick," jelasnya.

"Sehingga hasil yang dikeluarkan oleh MediaWave tentu selaras dengan hasil survei politik yang dikeluarkan beberapa lembaga survei," ucap Sukri. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Moh Irfan.

Demokrat Anggap Polemik Utang Sengaja Dibangun Menyerang Anies 

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:17 WIB
Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan diterpa isu utang saat mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta...
Dok. BPIP

Dewan Pakar BPIP : Negara Kebangsaan Sumbangsih Terbesar NU Pada Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:01 WIB
Diungkapkan oleh Djumala, kekuatan NU sebagai basis Islam tradisional terletak pada kemampuannya mencitrakan Islam yang rahmatan lil...
ANTARA/HO

DPR Desak Pemerintah untuk Tegas Hadapi KKB

👤Putra Ananda 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:51 WIB
Aparat keamanan memilki kewenangan untuk menindak segala perbuatan pelanggaran hukum yang terjadi di seluruh wilayah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya