Rabu 11 Januari 2023, 16:20 WIB

Pemerintah Persiapkan Langkah Alternatif Isi Bangku Kosong Lukas

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Pemerintah Persiapkan Langkah Alternatif Isi Bangku Kosong Lukas

MI/Marcelinus Kelen
Gubernur Papua Lukas Enembe

 

PEMERINTAH telah mempersiapkan langkah alternatif untuk mengisi kekosongan pemerintahan pasca ditangkapnya Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan roda pemerintahan Provinsi Papua tidak boleh terhenti.

"Pemerintahan tidak boleh macet, harus tetap jalan. Kita sudah lama siapkan langkah-langkah alternatif yang benar secara yuridis," ujar Mahfud saat melakukan konfresni pers di Kantor Menkopolhukam Jakarta, Rabu (11/1).

Mahfud menegaskan pemerintah telah melakukan koordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri hingga Kementerian Kesehatan terkait kelanjutan pemerintahan di Papua usai tertangkapnya Enembe oleh KPK.

"Kita sudah percaya dengan Panglima TNI, Kapolri, serta Kementerian kesehatan. Nanti ditunggu saja langkah politiknya," ujarnya.

Mahfud melanjukan saat ini, aktifitas Pemda Papua sedang dalam perhatian dan pengawasan pemerintah pusat. Pemerintah melalui PPATK juga telah membekukan sebagian anggaran daerah Papua.

"Sebagian kita freeze melalui PPATK agar tidak terjadi penyalahgunaan yang bertetntangan dengan hukum dulu," ujarnya.

Mahfud melarang segala bentuk kegiatan destruktif yang mengatasnamakan pembelaan terhadap Lukas Enembe. Penangkapan Lukas Enembe oleh KPK merupakan murni langkah penegakkan hukum.

"Oleh sebab itu saya minta kepada yang lain supaya tidak melakukan langkah desduktrif atas nama pembelaan, lalu melakukan pengerusakan. Hukum akan ditegakkan pada siapapun tanpa pandang bulu," ujarnya. (OL-12)

Baca Juga

Dok. Ikadin Jakbar

Ikadin Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Advokat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:29 WIB
Wacana multibar yang digaungkan sejumlah pihak adalah sebuah langkah mundur karena tidak ada satu pun di dunia ini menganut sistem...
Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya