Minggu 08 Januari 2023, 18:56 WIB

Erick Thohir Ungguli Ridwan Kamil Dalam Jajak Pendapat Figur Cawapres

Widhoroso | Politik dan Hukum
Erick Thohir Ungguli Ridwan Kamil Dalam Jajak Pendapat Figur Cawapres

DOK MI
Ilustrasi

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menempati posisi teratas dalam jajak pendapat (polling) sebagai figur calon wakil presiden (cawapres) potensial di Pilpres 2024 dengan 2081 poin. Erick Thohir meninggalkan pesaing ketatnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Jajak pendapat yang dilakukan The Matchmaker pada periode 1 Desember 2022 sampai 5 Januari 2023, menunjukkan posisi Erick Thohir jauh berada di atas Ridwan Kamil yang menempati posisi ketiga. Tercatat Ridwan Kamil hanya mendapatkan 447 poin hingga sekarang. 

Melihat demikian, pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Ari Ganjar Herdiansyah menyebutkan bahwa Erick Thohir banyak mendapat respons positif masyarakat. Salah satunya berkat kinerja mentereng dalam memimpin Kementerian BUMN.

Karenanya, dia menilai wajar bila dalam sejumlah polling, Erick Thohir konsisten berada di daftar teratas dengan nilai tertinggi, termasuk mengungguli sosok lainnya seperti Ridwan Kamil. "Menurut saya positioning Erick Thohir lebih kuat dalam cawapres ketimbang dengan Ridwan Kamil," kata Ari Ganjar dalam keterangan yang diterima Minggu (8/1). 

Dia menambahkan bawa sekarang ini, Erick Thohir tengah berada pada posisi strategis sebagai pembantu presiden. Terlebihnya lagi setiap kebijakan yang diluncurkan Erick Thohir begitu dirasakan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Di sisi lain, papar dia, sosok seorang wakil presiden tentu harus dapat melengkapi figur presidennya. Karena dengan itu mampu membangun sinergi pemerintahan yang kokoh dan kuat untuk mendorong hadirnya beragam kemajuan. "Karena itu tadi cawapres dia lebih kepada melengkapi apa yang ditugaskan presidennya," papar Ari Ganjar. (RO/OL-15)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya