Kamis 05 Januari 2023, 14:27 WIB

Peran Perempuan untuk Aktif Bela Negara Harus Terus Ditingkatkan

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Peran Perempuan untuk Aktif Bela Negara Harus Terus Ditingkatkan

Antara/Budi Candra Setya.
Prajurit Korps Wanita Angkatan Laut melakukan aksi mempertahankan Pangkalan dari serangan musuh di Mako Lanal Banyuwangi, Jawa Timur.

 

PERAN perempuan dalam membela negara dengan aktif pada Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) harus terus ditingkatkan. Ini dalam rangka perluasan partisipasi perempuan di berbagai bidang pembangunan nasional. 

"Dalam upaya mewujudkan kesetaraan, perluasan partisipasi perempuan di berbagai bidang pembangunan, termasuk aktif sebagai anggota Kowal merupakan salah satu langkah strategis yang harus dilakukan dalam membangun pertahanan nasional. Selamat ulang tahun ke-60 kepada para anggota Kowal TNI Angkatan Laut," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/1), dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-60 Kowal TNI Angkatan Laut yang diperingati setiap 5 Januari. 

Apalagi, ujar Lestari, sejarah menunjukkan keterlibatan perempuan dalam ikut aktif membela negara sudah dilakukan dalam perlawanan terhadap penjajah sejak masa kerajaan di Nusantara. Ratu Kalinyamat dari Jepara, Jawa Tengah, dan Laksamana Malahayati dari Aceh, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, ialah sejumlah bukti bahwa perempuan di Nusantara sudah terlibat aktif dan memimpin dan membangun armada laut melawan penjajah untuk mempertahankan wilayah. 

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah mendorong agar semangat dan nilai-nilai perjuangan perempuan dalam melawan aksi penjajahan di masa kerajaan Nusantara yang merupakan cikal bakal wilayah Indonesia saat ini harus terus digelorakan secara sistematis sejak dini di lembaga-lembaga pendidikan. Dengan dipahaminya nilai-nilai kesetaraan oleh generasi penerus bangsa, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, di masa datang setiap anak bangsa berpotensi memperkuat negara ini lewat kemampuanya masing-masing untuk berkembang, mengurangi kemiskinan, dan mengelola pembangunan secara efektif. 

Dengan semakin berdayanya setiap anak bangsa, baik laki-laki maupun perempuan, ujar Rerie, berarti masyarakat akan semakin banyak yang mampu mengentaskan diri dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup mereka. Dengan demikian, tegas Rerie, mengedepankan nilai-nilai kesetaraan gender merupakan bagian langkah strategis dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan menuju Indonesia yang lebih baik. (OL-14)

Baca Juga

Setpres

Presiden Sebut Sisi Politik bukan Alasan Utama Rombak Kabinet

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:16 WIB
"Yang utama memang performa kinerja. Ada sisi politik juga. Itu pasti ada tapi bukan yang...
Antara

Disinggung Soal Reshuffle Kabinet, Jokowi: Ditunggu Saja

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:14 WIB
Presiden hanya mengatakan bahwa pada Rabu (1/2) besok, yang merupakan Rabu Pon, dirinya memiliki agenda kunjungan kerja ke wilayah...
MI/Susanto

Besok, Giliran Surya Paloh Berkunjung Ke Golkar

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:20 WIB
Surya Paloh dijadwalkan bakal berkunjung ke kantor DPP Partai Golkar. Surya Paloh bakal bertemu dengan Ketum Golkar Airlangga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya